Find Us On Social Media :

Huawei Bakal Luncurkan Pesaing ChatGPT Bulan Juli Mendatang

By Rafki Fachrizal, Senin, 5 Juni 2023 | 16:15 WIB

Ilustrasi Huawei.

Setelah Baidu meluncurkan Ernie Bot dan Alibaba yang baru-baru ini telah merilis Tongyi Qianwen, perusahaan asal Cina lainnya yaitu Huawei tidak mau ketinggalan menelurkan inovasi mirip ChatGPT.

Seperti diketahui, sejak kemunculan ChatGPT yang membuat heboh seluruh dunia telah mendorong banyak perusahaan teknologi di Cina dan negara lainnya untuk berlomba-lomba menghadirkan inovasi serupa ChatGPT.

Huawei sendiri dikabarkan bakal meluncurkan pesaing ChatGPT pada bulan Juli mendatang.

Menurut informasi yang dikutip dari Huawei Central, inovasi baru Huawei yang disebut “Pangu Chat” itu bakal diperkenalkan dalam ajang “Huawei Developer Conference (Cloud)” yang berlangsung pada 7 Juli 2023.

Huawei telah menguji dan memverifikasi kemampuan Pangu Chat menggunakan model cloud Pangu berskala besar dengan 100 miliar parameter.

Untuk pengujian, perusahaan menggunakan lebih dari 2000 chipset Huawei Ascend 910 selama lebih dari dua bulan untuk kemampuan pelatihan data.

Selain pengujian, spesifikasi model Huawei Pangu mengungkapkan bahwa model besar Pangu-E yang baru dapat menghasilkan setidaknya 1,085 triliun parameter, yang setara dengan kemampuan GPT-4.

Model ini dikembangkan oleh Huawei menggunakan framework (kerangka kerja) MindSpore, dan dapat menghasilkan dialog hingga tingkat GPT-3.5.

Berbeda dengan ChatGPT yang tersedia untuk pelanggan umum, konon Huawei hanya akan menyediakan layanan Pangu Chat untuk tujuan bisnis dan menjualnya kepada pelanggan di pemerintahan dan perusahaan.

Masih belum banyak informasi yang bisa dibeberkan terkait Pangu Chat, dan pihak Huawei sendiri hingga kini belum memberikan informasi apapun terkait rencana peluncuran inovasi baru mereka tersebut.

Baca Juga: Huawei Cloud Hadirkan Solusi Keuangan Digital Terlengkap di Indonesia

Baca Juga: Ini 8 Perubahan dalam Kehidupan di 2030 Akibat AI, Kata ChatGPT