Find Us On Social Media :

Bisa Dicontoh, Cara Prada Group Tambah Loyalitas Customer dengan Cloud

By Liana Threestayanti, Selasa, 6 Juni 2023 | 14:00 WIB

Oracle mengumumkan implementasi solusi retail cloud di Prada Group untuk menyajikan pengalaman pelanggan yang lebih personal. (gambar hanya ilustrasi)

Oracle baru-baru ini mengumumkan kesuksesan implementasi solusi retail berbasis cloud di Prada Group. Dengan implementasi ini, Prada Group berharap dapat menyajikan pengalaman yang lebih personal dan meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Memahami pelanggan adalah hal yang sangat penting bagi bisnis di era modern saat ini. Tak terkecuali bagi perusahaan pemilik rumah mode mewah Italia yang didirikan oleh Mario Prada pada 1923 ini.  

“Memahami pelanggan dan perjalanan mereka adalah sangat penting bagi kesuksesan perusahaan  kami,” jelas Lorenzo Bertelli, Marketing Director and Head of Corporate Social Responsibility, Prada Group, seperti dikutip dari rilis Oracle.  

Menurut Lorenzo, teknologi dapat membantu melakukan hal tersebut dan memungkinkan perusahaan berinovasi dengan lebih cepat untuk menambah nilai serta mendorong pertumbuhan. 

Untuk itu, Prada Group mengimplementasikan Oracle Retail Xstore Point-of-Service (POS) dan Oracle Retail Customer Engagement Cloud Service untuk mengumpulkan data preferensi dan kebiasaan pembeliaan pelanggan. Data-data ini selanjutnya dianalisis dan diterjemahkan menjadi langkah strategis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Mike Webster, Senior Vice President & General Manager, Oracle Retail menyampaikan bahwa pemain global, seperti Prada Group, akan meluangkan waktu untuk memahami data mengenai pelanggan, seperti karakteristik, perilaku, dan preferensi. 

“Perpaduan antara perencanaan dan analytics dengan teknologi untuk pengalaman pelanggan memungkinkan para peritel melakukan prediksi, personalisasi, dan memenuhi janji mereka kepada pelanggan,” ujar Mike. 

Mike juga mengemukakan kegembiraannya atas kesuksesan implementasi solusi retail planning & forecasting yang sudah ditenagai artificial intelligence dan berbasis cloud yang juga terintegrasi dengan solusi omnichannel Oracle tersebut. 

Sebelumnya Prada Group juga telah mengimplementasikan Oracle Retail Cloud Services for Merchandise Financial Planning, Assortment, & Item Planning untuk mengoptimalkan proses merchandising. 

Implementasi ini ditujukan untuk meningkatkan penjualan dan prakiraan (forecast), analisis kinerja, serta manajemen dan alokasi inventaris. Dengan data ini, Prada Group berharap dapat lebih memahami proses operasinya, merencanakan skenario dengan lebih efektif, dan bereaksi lebih cepat seiring perkembangan pasar.

Di fase selanjutnya, Prada Group akan mengimplementasikan  Oracle Retail Demand Forecasting Cloud Service, sebuah enterprise forecasting engine dalam Oracle Retail Analytics and Planning suite. Solusi-solusi ini bekerja di atas Oracle Retail AI Foundation yang akan memberikan insight analitik yang dapat mendorong pembuatan keputusan mengenai perencanaan, pembeliaan, pergerakan barang, dan penjualan.