Find Us On Social Media :

Asyik, Aplikasi ChatGPT Kini Tersedia untuk Perangkat iPad

By Rafki Fachrizal, Jumat, 9 Juni 2023 | 15:15 WIB

Ilustrasi ChatGPT

Kurang dari sebulan setelah diluncurkan di App Store, aplikasi ChatGPT buatan OpenAI mendapatkan update (pembaruan) besar pertamanya pada Kamis (8/6/2023).

Dikutip dari TechCrunch, aplikasi versi baru yang dirilis kini telah mendukung perangkat iPad, serta telah mendukung untuk menggunakan ChatGPT dengan Siri dan Shortcuts (pintasan).

Selain itu, fitur drag and drop juga kini tersedia di dalam aplikasi, memungkinkan pengguna untuk memindahkan informasi yang dihasilkan dari ChatGPT ke aplikasi lain.

Fitur drag and drop tentunya dapat berguna dalam mode layar terbagi di iPad, misalnya pengguna dapat meminta respons jawaban dari ChatGPT di satu jendela dan kemudian memindahkannya ke jendela lain.

Untuk di iPad sendiri, ChatGPT juga kini berjalan dalam mode full-screen (layar penuh), dioptimalkan untuk antarmuka tablet.

Perubahan ini, bersama dengan fitur drag-and-drop, kemungkinan akan membuat aplikasi ChatGPT lebih disukai daripada menggunakan ChatGPT versi web browser, yang masih dilakukan oleh banyak pengguna iPad sebelum aplikasi versi baru ini rilis.

Pembaruan ini juga diprediksi dapat mendorong peningkatan pengunduhan baru dari aplikasi ChatGPT, yang telah melesat ke puncak App Store dengan setengah juta pengunduhan dalam waktu kurang dari seminggu sejak peluncurannya.

Pembaruan aplikasi ini turut memungkinkan pengguna memanggil ChatGPT dengan Siri dan menggunakan chatbot AI dengan fitur Shortcuts di perangkat Apple.

Hal ini memungkinkan pengguna membuat kueri ChatGPT di Shortcuts untuk memulai obrolan baru dan mengintegrasikannya ke dalam otomatisasi Shortcuts di perangkat Apple.

Seperti halnya dengan iPhone, pengguna iPad juga dapat memilih untuk menggunakan layanan ChatGPT berbayar, ChatGPT Plus, dengan biaya langganan $20 per bulannya.

Layanan ChatGPT berbayar memberikan akses yang lebih tinggi ke ChatGPT bahkan pada saat-saat sibuk, waktu respons yang lebih cepat, serta akses prioritas ke fitur-fitur baru dan peningkatan.

Saat ini, aplikasi ChatGPT untuk perangkat Apple telah diluncurkan ke negara-negara lain di luar Amerika Serikat, seperti Albania, Kroasia, Prancis, Jerman, Irlandia, Jamaika, Selandia Baru, Nikaragua, Nigeria, Korea Selatan, dan Inggris.

OpenAI sendiri kabarnya berencana merilis aplikasi ChatGPT untuk pengguna perangkat Android dalam waktu dekat ini.

Baca Juga: Begini Cara Pakai ChatGPT untuk Meningkatkan Penjualan Ecommerce

Baca Juga: Cara Menggunakan ChatGPT dalam Bahasa Indonesia, Gratis dan Mudah