Find Us On Social Media :

Website Pengembang ChatGPT Masuk Jajaran Situs Web Terpopuler Di Dunia

By Liana Threestayanti, Senin, 12 Juni 2023 | 19:54 WIB

ChatGPT melambungkan OpenAI di jajaran 50 website terpopuler di dunia. Dalam waktu tiga bulan, openai.com melesat 33 peringkat ke urutan 17.(Ilustrasi ChatGPT)

ChatGPT melambungkan OpenAI di jajaran 50 website terpopuler di dunia. Dalam waktu tiga bulan, openai.com melesat 33 peringkat ke urutan 17.

Riset terbaru yang dilakukan VezaDigital mengungkapkan bahwa website milik pengembang ChatGPT itu mengalami pertumbuhan tercepat di antara 50 situs web terpopuler di dunia.

Hanya beberapa bulan setelah peluncuran chatbot AI ChatGPT, jumlah unique visitor openai.com langsung meroket hingga mendekati satu miliar pengunjung per bulan di bulan Maret.  

Berdasarkan data dari Similarweb, VezaDigital menganalisis statistik lalu lintas (traffic) dari 50 situs web dengan jumlah total pengunjung tertinggi di bulan Maret 2023. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa openai.com mengalami pertumbuhan volume traffic sebesar 54,21% dalam satu bulan. Dengan angka tersebut, openai.com mencatatkan pertumbuhan tertinggi di antara semua situs web terpopuler di dunia.

Sepanjang bulan Maret saja, situs web OpenAI dikunjungi oleh 847,8 juta pengunjung unik yang sontak melambungkan openai.com ke posisi 18, atau naik 9 peringkat, dari posisi sebelumnya. VezaDigital mencatat, bahkan di bulan Februari, openai.com berhasil melompat dari peringkat 51 ke peringkat 27, atau naik 24 peringkat dalam daftar “the world’s most visited website.”

Dilaporkan VezaDigital, OpenAI juga telah melampaui milestone satu miliar kunjungan pada bulan Februari. Lalu di bulan Maret, openai.com memperoleh 1,6 miliar kunjungan. Dan setiap pengunjung ke-9  adalah berasal dari Amerika Serikat yang merupakan sumber traffic utama situs openai.com.

“Fenomena ChatGPT menyebar cepat di akhir tahun 2022 dan kami berharap ini akan segera memecahkan semua rekor sebagai situs web tercepat yang pernah mencapai 1 miliar pengguna aktif bulanan dalam waktu yang sangat singkat,” ucap Stefan Katanic, CEO Veza Digital seperti dikutip dari rilis pers yang diterima InfoKomputer.  

Fenomena ini, menurut Stefan, memperlihatkan minat publik yang besar terhadap solusi bertenaga AI, yang mulai diatur oleh regulator sebelum berubah menjadi area yang tidak jelas, seperti hak cipta karya seni dan tantangan etika. 

“Perdebatan tentang AI memang berbeda-beda, tetapi satu hal yang mungkin bisa kita sepakati bersama adalah bahwa AI bukan lagi masa depan, melainkan saat ini juga,” Stefan menegaskan dan memprediksi AI akan berperan besar pada lebih dari 50% bisnis di dunia dalam waktu lima tahun ke depan.

Berdasarkan data terbaru Similarweb yang diperbarui pada tanggal 1 Juni 2023, website OpenAI berada di urutan ke-17 dalam Top Websites Ranking. Sepuluh situs web teratas saat tulisan ini dibuat adalah google.com, youtube.com, facebook.com, twitter.com, instagram.com, baidu.com, wikipedia.org, yandex.ru, yahoo.com, dan whatsapp.com.