Find Us On Social Media :

Sistem Infotainment di Mobil Baru Hyundai Bakal Diperkuat Chip Samsung

By Rafki Fachrizal, Rabu, 14 Juni 2023 | 16:45 WIB

Ilustrasi Samsung Exynos Auto V920.

Samsung Electronics mengumumkan bahwa prosesor atau chip otomotif terbarunya yaitu Exynos Auto V920, telah dipilih Hyundai Motor Company untuk memperkuat sistem infotainment di produk mobil baru yang akan meluncur di masa depan.

Produk mobil Hyundai yang dibekali prosesor itu diperkirakan akan hadir pada tahun 2025 mendatang.

"Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Hyundai Motor, dan kami mengantisipasi bahwa kemitraan ini akan semakin memperkuat posisi kami di bidang infotainment otomotif," kata Jae Geol Pyee, Executive Vice President of Sales & Marketing, System LSI Business Samsung Electronics.

"Melalui kolaborasi erat dengan pelanggan global dan mitra ekosistem kami, kami akan terus menciptakan solusi chip otomotif mutakhir yang menawarkan pengalaman mobilitas yang aman dan menyenangkan," sambungnya.

Exynos Auto V920 adalah prosesor otomotif generasi ketiga dari Samsung untuk sistem infotainment di dalam mobil.

Dengan peningkatan yang cukup besar pada kinerja CPU, grafis dan pemrosesan neural, V920 akan memberikan pengalaman di dalam mobil yang optimal dengan memungkinkan tampilan real-time dari informasi mengemudi yang penting, dan juga pemutaran konten video yang kaya grafis dan game yang lancar di beberapa layar.

CPU V920 mengemas 10 core terbaru Arm yang dioptimalkan untuk mengemudi secara otonom, memungkinkan kinerja pemrosesan 1,7 kali lebih besar dari generasi sebelumnya.

Dengan dukungan kecepatan mutakhir memori LPDDR5, V920 dapat secara efisien mengelola hingga enam layar beresolusi tinggi untuk dasbor, infotainment, dan sistem hiburan di kursi belakang, dan hingga 12 sensor kamera yang menangkap informasi visual penting.

Peningkatan yang signifikan telah dilakukan pada grafis dan kinerja Artificial Intelligence (AI) pada prosesor, meningkatkan presentasi visual pada layar dan mengoptimalkan interaksi pengemudi dengan informasi di dalam mobil.

Untuk memberikan antarmuka pengguna grafis (GUI) yang kaya, V920 mengintegrasikan core GPU canggih dengan kemampuan pemrosesan grafis hingga dua kali lebih cepat dari pendahulunya.

Dengan menggabungkan inti komputasi terbaru, neural processing unit (NPU) mencapai kinerja 2,7 kali lebih besar dari generasi sebelumnya.

Hal ini memungkinkan V920 untuk mendukung fitur pemantauan pengemudi yang disempurnakan untuk mendeteksi kondisi pengemudi dengan lebih baik dan dengan cepat menilai lingkungan sekitar, sehingga memberikan kondisi mobil yang lebih aman.

Untuk lebih meningkatkan keselamatan pengemudi, safety island yang dibenamkan pada V920 - sesuai dengan persyaratan Automotive Safety Integrity Level B (ASIL-B) – dapat mendeteksi dan mengelola kesalahan secara real-time, menjaga sistem infotainment di mobil tetap aman.

Baca Juga: Samsung Hadirkan Jajaran Smart TV 2023 Terbaru di Indonesia. Harganya?

Baca Juga: Samsung Rilis Aplikasi ONE Esports untuk Pengguna Samsung Galaxy