Find Us On Social Media :

Tokopedia Academy Gelar START Women in Tech untuk Pemberdayaan Perempuan

By Wisnu Nugroho, Sabtu, 17 Juni 2023 | 06:30 WIB

Tokopedia Academy kembali menggelar START Women in Tech untuk meningkatkan partisipasi perempuan di dunia teknologi

Tokopedia Academy kembali akan menggelar START Women in Tech. Dengan tema A Way Forward and Beyond for Women in Technology, acara ini dimaksudkan untuk mendorong partisipasi perempuan Indonesia di dunia teknologi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022, proporsi perempuan yang menduduki posisi manajerial di Indonesia telah mencapai angka 32,26%. Meski terus menunjukkan tren positif, proporsi perempuan masih tertinggal dari laki-laki.

Di sisi lain, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (KPPPA RI) menyampaikan peran perempuan di bidang STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematics) masih kurang. Partisipasi perempuan dalam dunia kerja di bidang teknologi pun masih terbilang sedikit.

“Untuk makin memberdayakan dan mendorong partisipasi perempuan di industri teknologi, Tokopedia Academy menggelar START Women in Tech, konferensi teknologi tahunan dari Tokopedia untuk para perempuan pegiat teknologi,” ungkap Tokopedia Academy Lead, Rossy Triana Iskandar.  

Acara ini sendiri akan diadakan secara hybrid pada Sabtu, 17 Juni 2023 pukul 09.00-16.30 WIB. Masyarakat yang ingin menonton langsung acara ini dapat mendaftarkan diri secara gratis melalui website Tokopedia Academy. Anda juga dapat mengikuti acara ini secara online melalui Tokopedia Play, Official YouTube Tokopedia atau Inside Tokopedia, serta website Tokopedia Academy.

Pemberdayaan Perempuan lewat START Women in Tech

Sederet manfaat pun dapat Anda rasakan dengan mengikuti START Women in Tech 2023. Contohnya adalah kesempatan mengikuti Keynote Sessions berisi pengalaman para pemimpin perempuan di bidang teknologi dalam mendorong inovasi di bidang masing-masing. Ada pula Inspiring Talk Show yang berisi perbincangan pemimpin perempuan dan membahas pemberdayaan perempuan di industri teknologi. 

Selain itu, acara START Women in Tech 2023 ini juga memiliki Breakout Rooms untuk mendapatkan wawasan langsung dari para pemimpin perempuan tentang teknologi, data dan product management. 

Salah satu pemimpin perempuan yang akan berpartisipasi di acara ini adalah Founder & CEO Generation Educators (GenEd), Anggaris Anggia Cininta. Ia akan membagikan pengalamannya sebagai pegiat industri teknologi yang merintis perusahaan edtech guna meningkatkan peran guru dalam melahirkan generasi murid yang kritis, kreatif, dan inovatif. 

“Tidak bisa dipungkiri zaman akan terus berkembang dan peran teknologi sangat krusial di berbagai perubahan, termasuk di pendidikan,” ungkap Anggaris. “Karenanya, lewat program seperti START Women in Tech, para pegiat teknologi terutama perempuan bisa saling menginspirasi dan berdiskusi langsung untuk berbagi pengalaman di industri ini,” tambah Anggaris.

START Women in Tech merupakan salah satu dari 16 program Tokopedia Academy, ekosistem yang bisa dimanfaatkan oleh siapa pun yang memiliki ketertarikan akan teknologi. Melalui serangkaian komunitas Tokopedia Academy, masyarakat bisa belajar berbagai kurikulum seputar teknologi, dilatih oleh pakar, serta bertukar wawasan dengan sesama pegiat teknologi. 

“Lewat Tokopedia Academy, Tokopedia berupaya meningkatkan jumlah, kapasitas dan kapabilitas talenta digital Indonesia, serta mencapai pemerataan pengetahuan lewat teknologi. Kami ingin menghadirkan kesempatan belajar yang tidak terbatas untuk talenta digital masa depan agar nantinya dapat berkontribusi pada perekonomian nasional melalui teknologi,” jelas Rossy.