Find Us On Social Media :

Fitur AI ini Bantu Pengguna Menuliskan Email pada Gmail, Ini Caranya

By Adam Rizal, Sabtu, 17 Juni 2023 | 09:30 WIB

Gmail

Google mengembangkan fitur terbaru Help Me Write yang memungkinkan pengguna Gmail menuliskan email dengan bantuan teknologi artificial intelligence (AI). Fitur Help Me Write bakal tersedia di aplikasi Gmail baik untuk versi Android maupun iOS.

Sebelumnya, Google telah memperkenalkan fitur itu dalam ajang konferensi pengembang tahunan atau disebut Google I/O pada akhir Mei lalu. Sekarang, fitur "Help Me Write" tersedia untuk pengguna yang tergabung dalam program Workspace Lab.

Tombol "Help Me Write" sendiri berada di pojok kanan bawah kolom e-mail di Gmail. Tombolnya memiliki ikon pensil dengan kelir hijau. Jika Anda mengeklik tombol itu, pengguna akan mendapatkan kolom untuk memasukkan perintah berupa teks dan Anda tinggal menekan "Create" untuk mengonfirmasi perintah.

Setelah itu, teks akan dimasukkan ke kolom utama e-mail untuk ditinjau terlebih dahulu, apakah sesuai perintah atau tidak.

Bila kurang cocok, pengguna bisa merevisi teks e-mail dengan aneka menu "Help Me Write" yang tersedia seperti dikutip The Verge.

Anda juga dapat meminta Gmail untuk mengubah kalimat e-mail menjadi lebih formal atau meringkasnya. Proses revisinya juga akan terlihat langsung oleh pengguna setelah menekan tombol "Replace" (ganti) dalam waktu beberapa detik.

Selain fitur "Help Me Write", Google juga mengumumkan fitur "Magic Editor" untuk Google Photos. Fitur Magic Editor dapat menghapus obyek tertentu dari sebuah foto dan membuat obyek tertentu menjadi lebih cerah atau bahkan memindahkan satu obyek ke posisi lain.

Sayangnya, fitur ini baru akan hadir di ponsel Pixel tertentu saja pada akhir tahun ini.