Find Us On Social Media :

Mercedes-Benz Pasang Teknologi Chatbot AI ChatGPT di Dalam Mobilnya

By Adam Rizal, Minggu, 18 Juni 2023 | 09:00 WIB

NVIDIA dan Mercedes Benz kembangkan sistem komputasi di dalam mobil generasi terbaru

Teknologi AI ChatGPT tidak hanya digunakan oleh perusahaan teknologi saja. Kali ini perusahaan mobil mewah Mercedes-Benz menggunakan teknologi chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT untuk menjalankan perintah suara MBUX atau fitur voice command pada 900 ribu mobil Mercedes-Benz.

Tak hanya mengoperasikan sejumlah fitur pada mobil, teknologi AI ChatGPT juga mampu memudahkan pengemudi mencari informasi terkait arah jalan, restoran dan pertanyaan lainnya.

Mercedes-Benz sendiri telah menciptakan sistem perintah suara untuk kendaraan yang diproduksi. Fitur itu jauh lebih aman untuk digunakan pengemudi daripada harus menekan atau mengoperasikan fitur-fitur pada mobil melalui layar sentuh karena pengemudi tidak perlu berpaling dari jalan untuk menggunakannya seperti dilansir Reuters.

Dengan ChatGPT, Anda bisa mendapatkan pengalaman asisten pintar yang lebih alami dan menawarkan lebih banyak fungsi yang akan meningkatkan pengalaman berkendara.

Sistem asisten suara “Hei, Mercedes” dapat merespons perintah sederhana. Namun dengan penambahan ChatGPT, sistem Mercedes-Benz dapat terlibat dalam percakapan yang alami.

Sistem juga akan mendapatkan kemampuan untuk mengingat konteks percakapan. Itu akan memungkinkannya untuk terlibat dalam tektok saat berdialog. Selain itu, sistem dengan ChatGPT mampu menanggapi berbagai permintaan. Itu termasuk perintah suara yang tidak terkait dengan pengemudi atau mobil.

Misalnya, pengemudi mungkin menanyakan sistem waktu terbaik dalam setahun untuk melakukan perjalanan ke tempat tertentu. Integrasi ChatGPT juga memungkinkan sistem berinteraksi dengan aplikasi lain. Misalnya, sistem akan mampu melakukan reservasi. Microsoft mengatakan Anda bahkan dapat menggunakannya untuk membeli tiket film.

Dengan ChatGPT, sistem Mercedes-Benz akan mampu menangani percakapan yang dinamis. Ini akan memungkinkan pelanggan untuk merasakan asisten suara yang tidak hanya memahami perintah suara tetapi juga terlibat di dalamnya.

Asisten suara yang disempurnakan ChatGPT dapat memberikan jawaban komprehensif untuk semuanya sehingga pengemudi dapat memperhatikan jalan dan tangan mereka pada kemudi.

Untuk masuk ke program ChatGPT, pemilik harus memiliki sistem “infotainment” MBUX di dalam mobil. Anda juga harus menggunakan perintah suara, “Hai Mercedes, saya ingin bergabung dengan program beta.”