Find Us On Social Media :

Begini Cara Memasang dan Menggunakan Fitur Plugins di ChatGPT

By Rafki Fachrizal, Senin, 19 Juni 2023 | 13:15 WIB

Ilustrasi Cara Menggunakan Plugins ChatGPT.

Bulan lalu, OpenAI merilis sebuah fitur baru bernama Plugins di dalam layanan generative AI (artificial intelligence) chatbot populernya, yaitu ChatGPT.

Fitur Plugins adalah ekstensi dari pihak ketiga yang dirancang untuk memperluas fungsionalitas ChatGPT.

Menurut OpenAI, fitur tersebut dirancang khusus untuk model bahasa dengan keamanan sebagai prinsip utama, dan membantu ChatGPT mengakses informasi terkini, menjalankan komputasi, atau menggunakan layanan dari pihak ketiga.

Fungsi utama dari fitur Plugins adalah untuk membawa informasi yang lebih berguna ke dalam ChatGPT, membuatnya menjadi lebih berguna.

Misalnya, pengguna ChatGPT dapat menggunakan Plugins seperti Kayak dan Expedia untuk membuat rencana perjalanan, atau menggunakan Plugins seperti Polygon untuk mendapatkan informasi terkini tentang pasar kripto, saham, dan forex.

Plugins lainnya seperti "AskYourPDF” dan "ChatWithPDF", yang memungkinkan pengguna memberikan URL dokumen PDF untuk diuraikan oleh ChatGPT.

Saat pertama kali fitur ini diperkenalkan, ada sekitar 80 Plugin yang tersedia. Saat ini, tercatat sudah ada lebih dari 300 Plugins terverifikasi dan diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah ke depannya.

Perlu juga diketahui bahwa fitur Plugins ini masih merupakan fitur beta dan hanya tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus, layanan ChatGPT berbayar dengan biaya US$20 (sekitar Rp300 ribu) per bulannya.

Lalu, bagaimana cara memasang plugins di ChatGPT? Dirangkum dari berbagai sumber, Berikut ini kami akan jelaskan langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi situs web berikut ini: https://chat.openai.com/auth/login. Klik “Log in” jika sudah memiliki akun, atau klik “Sign up” jika belum memiliki akun.
  2. Setelah masuk, arahkan kursor mouse ke pojok kiri bawah. Klik tiga titik di sebelah nama pengguna dan klik “Settings”. Kemudian klik “Beta Features” dan aktifkan “Plugins”.
  3. Keluar dari “Settings” dan buat “New Chat”.
  4. Selanjutnya, ganti model ChatGPT yang digunakan secara default (GPT-3.5) ke GPT-4.
  5. Lalu klik “Plugins” dan masuk ke “Plugins Store” untuk melihat daftar plugins yang tersedia.
  6. Jika menemukan plugins yang ingin Anda coba, klik tombol “Install” di sebelahnya. Proses install seharusnya hanya membutuhkan waktu satu atau dua menit. Oh ya, untuk menghapus Plugins, cukup klik tombol uninstall di sebelahnya.

Setelah plugins yang diinginkan ter-install, Anda sudah bisa langsung menggunakannya di ChatGPT. Cara menggunakan fitur Plugins di ChatGPT sendiri tergantung pada plugins yang di-install.

Namun, secara umum penggunaan fitur Plugins di ChatGPT mirip dengan ChatGPT biasa. Anda hanya perlu mengajukan pertanyaan, dan ChatGPT akan memberikan jawabannya.

Sebagai catatan, ekosistem Plugin ChatGPT belum sepenuhnya aktif dan berjalan, dan terlepas dari jumlah plugin yang tersedia, tidak semuanya berfungsi sebagaimana mestinya atau seperti yang Anda inginkan.

Baca Juga: Tujuh Cara ChatGPT Bantu Rencanakan Perjalanan dan Liburan Anda

Baca Juga: Mercedes-Benz Pasang Teknologi Chatbot AI ChatGPT di Dalam Mobilnya