Find Us On Social Media :

Sepuluh SKU Laptop ASUS Telah diproduksi Oleh Sat Nusapersada Batam

By Dayu Akbar, Rabu, 21 Juni 2023 | 07:00 WIB

Awak media mengunjungi pabrik ASUS milik PT Sat Nusapersada di Batam

ASUS Business menunjukkan komitmen dalam mendukung industri IT di tanah air dengan memperkenalkan laptop produksi dalam negeri. ASUS sendiri mulai memproduksi laptop yang dirakit di tanah air sejak kuartal keempat 2022. Hal ini dilakukan ASUS guna memenuhi aturan pemerintah melalui Kemenperin yang menetapkan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk perangkat laptop di atas 25 persen. Kebijakan ini diberlakukan bagi program pengadaan barang dan jasa di sektor pemerintahan yang menggunakan APBN dan APBD, termasuk BUMN dan BUMD. Sedangkan diluar pengadaan pemerintahan, ASUS tidak terikat dengan aturan TKDN tersebut.Hingga saat ini terdapat lebih dari 10 SKU laptop ASUS yang telah diproduksi di dalam negeri dengan spesifikasi hardware serta fitur yang bervariasi. Laptop tersebut hadir dalam berbagai macam konfigurasi hardware sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan tiap-tiap organisasi atau perusahaan.

Proses perakitan ASUS ExpertBook P1 (P1412) di pabrik Batam

Dalam memproduksi laptop buatan Indonesia, ASUS menggandeng PT. Sat Nusapersada yang berlokasi di Batam. Dijelaskan bahwa penunjukan PT. Sat Nusapersada sebagai mitra dilakukan setelah melalui seleksi yang ketat dimana Nusapersada menyanggupi standar produksi laptop yang ditentukan ASUS.Untuk melihat sejauh mana proses produksinya, ASUS mengundang para awak media untuk melihat secara langsung proses perakitan yang dilakukan PT. Sat Nusapersada di pabrik yang berlokasi di Batam. Dijelaskan bahwa komponen laptop seperti prosesor, motherboard, memori, storage, dan lainnya merupakan produk impor.Sedangkan untuk kandungan dalam negerinya mencakup adaptor, buku manual, hingga kemasan yang membuat tingkatan kandungan komponen dalam negeri mencapai 22%. Dijelaskan pula bahwa ditambah dengan BMP (Bobot Manfaat Perusahaan) sehingga tingkat kandungan lokalnya secara keseluruhan menjadi 30%.Laptop yang telah diproduksi di Indonesia saat ini adalah lini ExpertBook P1 (P1412), yaitu laptop serbaguna dan terjangkau yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan komputasi di sektor pemerintahan, edukasi, hingga UMKM.

ASUS ExpertBook P1 (P1412)

ASUS ExpertBook P1 (P1412)

ASUS ExpertBook P1 (P1412) merupakan laptop pertama ASUS yang diproduksi di tanah air. Sebagai laptop basic, laptop ini tersedia dalam pilihan prosesor Intel Core i3 sampai Intel Core i7, yang dilengkapi fitur NanoEdge display dan layar dengan sudut pandang hingga 178 derajat. Layarnya juga memiliki lapisan matte anti-glare untuk pengalaman penggunaan yang lebih nyaman.ASUS ExpertBook P1 (P1412) menyediakan beraneka ragam perlindungan standar industri, baik secara hardware ataupun software. Dari sisi hardware, laptop ini menggunakan reinforced chassis, reinforced lid serta E-A-R HDD protection. Sementara dari sisi software, laptop ini telah kompatibel dengan ASUS Control Center serta ASUS Business Manager yang dapat membantu pelaku bisnis memastikan laptop ini terjaga keamanannya.Selain itu ASUS Business menawarkan ragam opsi kustomasi spesifikasi serta hardware pada setiap perangkat sehingga pelaku bisnis dan instansi dapat memaksimalkan produktivitas tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih.ASUS Business juga menawarkan ragam opsi untuk layanan purna jual. Pelaku bisnis dan instansi dapat memanfaatkan layanan ekstra seperti Warranty Extention hingga 5 tahun, Accidental Damage Protection (ADP) dengan garansi perlindungan hingga 100%, layanan Onsite Service, hingga VIP Support Line yang dapat memberikan dukungan teknis khusus.