Find Us On Social Media :

Gegara Ini Harga Chipset AI Nvidia di China Naik Dua Kali Lipat

By Adam Rizal, Jumat, 23 Juni 2023 | 09:00 WIB

Chip AI Nvidia H100

Saat ini setiap negara berlomba-lomba mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) dan berambisi menjadi superior dalam bidang AI serta tidak mau kalah dengan negara lainnya.

Amerika Serikat (AS) pun menggunakan segala cara supaya China ketinggalan dalam pengembangan AI, salah satunya dengan mengenakan sanksi embargo yang membuat harga chip AI Nvidia super mahal dan langka di China.

Chipset AI adalah komponen penting dalam pengembangan AI sendiri karena proses pembelajaran AI itu tergantung dengan seberapa banyak dan canggih chipset tersebut.

Faktor lain yang membuat harga chipset AI meroket adalah permintaan chipset Nvidia A100 dan H100 yang luar biasa di pasar.

AS memberlakukan embargo kepada China dan Rusia untuk chip Nvidia A100 dan H100 serta chip AMD MI250.

AS beralasan China dan Rusia akan menggunakan chip AI itu untuk pengembangan militer yang nantinya akan berdampak buruk terhadap kestabilan negara AS.

Pasar Gelap

Saat ini chipset Nvidia A100 masih bisa didapatkan di pusat perbelanjaan elektronik di Huaqiangbei, Shenzhen, China. Tepatnya SEG Plaza, gedung pencakar langit yang 10 lantai pertamanya dipakai untuk menjual berbagai perangkat elektronik, dari mulai komponen kamera sampai drone.

Harga chipset Nvidia A100 di pusat perbelanjaan itu dijual senilai USD 20 ribu per chip, atau dua kali lipat dari harga normal.

Reuters melaporkan ada 10 vendor di Hong Kong dan China yang mengaku bisa dengan mudah membeli chip A100 dalam jumlah kecil.

Permintaan chip AI ini biasanya datang dari developer, startup, ataupun peneliti yang membutuhkan menjalankan model AI bikinannya.

Pada September 2022, AS meminta Nvidia untuk menghentikan ekspor dua chip paling canggihnya A100 dan H100 ke China dan Hong Kong.

Langkah ini adalah bagian dari upaya menghalangi pengembangan komputer super di negara tersebut terkait perang dagang antara AS dan China.

Namun kemudian perkembangan AI tak disangka-sangka melesat, terutama setelah kesuksesan ChatGPT menarik perhatian publik. Dampaknya adalah permintaan chip-chip kelas atas seperti A100 dan H100 langsung meroket.