Find Us On Social Media :

OpenAI Bakal Luncurkan Toko Aplikasi AI, Ini Produk yang Dijual

By Adam Rizal, Sabtu, 24 Juni 2023 | 11:00 WIB

OpenAI Hadirkan Fitur Plugin untuk Pengguna ChatGPT Plus.

OpenAI akan meluncurkan sebuah marketplace yang memungkinkan para pengembang atau perusahaan membeli dan menjual model-model artificial intelligence (AI) miliknya untuk tujuan yang lebih spesifik.

Kehadiran toko aplikasi AI itu membuat OpenAI mampu bersaing dengan mitranya saat ini Salesforce dan Microsoft serta membuat OpenAI mendistribusikan perangkatnya ke lebih banyak pelanggan dan mendapatkan keuntungan lebih dari perusahaan AI saingannya seperti Anthropic dan Cohere.

Sebelumnya, OpenAI sukses meluncurkan chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT. Saat ini ratusan bisnis telah mengadopsi ChatGPT untuk mengotomatisasi tugas dan meningkatkan efisiensi.

Perusahaan-perusahaan juga berlomba untuk menawarkan alat dan kemampuan baru kepada pelanggan mereka berdasarkan model bahasa besar (LLM) yang canggih dari perangkat lunak AI seperti dikutip The Information.

Nantinya, perusahaan dapat menggunakan chatbot AI itu untuk berbagai tujuan seperti mengidentifikasi penipuan keuangan dari data transaksi online hingga menjawab pertanyaan tentang pasar tertentu berdasarkan dokumen internal.

Pasar aplikasi AI itu menarik minat dua perusahaan yakni Aquant dan Khan Academy. Aquant adalah perusahaan perangkat lunak yang memandu pelanggan melalui perbaikan perangkat dan memodifikasi chatbot ChatGPT.

Sedangkan, Aquant menawarkan chatbot yang telah dimodifikasi di Salesforce AppExchange dan ServiceNow Store.

Khan Academy juga mengembangkan ChatGPT versinya sendiri yang disebut Khanmigo untuk bertindak sebagai tutor AI bagi para guru dan siswa.

Khan Academy menyetel chatbot menggunakan materi dari persiapan ujian dan penawaran akademisnya serta menambahkan filter untuk mencegah kecurangan dan memastikan respons yang sesuai di kelas.

OpenAI tidak memberikan tanggapannya untuk informasi ini.