Find Us On Social Media :

Hands-on Lenovo LoQ: Sub-brand Baru Antara IdeaPad Gaming dan Legion

By Dayu Akbar, Minggu, 25 Juni 2023 | 18:00 WIB

Lenovo LoQ 15

Pada acara Lenovo Innovate 2023, Lenovo memperkenalkan lini laptop konsumer yang hadir dengan spesifikasi dan inovasi terbarunya. Mulai dari seri Legion, Yoga, dan IdeaPad. Tidak hanya itu, Lenovo juga memperkenalkan seri baru di segmen gaming yaitu Lenovo LoQ (dibaca lock).Lenovo LoQ hadir mengisi celah antara seri IdeaPad Gaming dan Legion. Pihak Lenovo sendiri memberi gambaran bahwa seri LoQ merupakan versi "minimalis" dari seri Legion. Sebagai sub-brand baru dari Lenovo, seri LoQ tetap menawarkan daya tarik memikat, khususnya bagi gamer pemula atau yang ingin mencoba laptop gaming dengan harga lebih terjangkau.Lenovo LoQ 15 hadir dalam beberapa SKU yang dibedakan berdasarkan spesifikasi prosesor, memori, SSD, serta layar. Dan SKU yang kami bahas kali ini memiliki spesifikasi yang akan dijelaskan sebagai berikut.Spesifikasi

Jika Anda familier dengan seri Legion, maka seri LoQ juga memiliki desain yang mirip dengannya. Bodi covernya tampil polos namun Lenovo menyematkan logo LoQ diujung kanan atas sebagai identitas pembeda dengan seri IdeaPad Gaming.

Secara umum, bodinya menggunakan bahan PC-ABS atau biasa disebut dengan polikarbonat. Secara dimensi, memiliki ukuran 359 x 264 x 22,1-25,2 mm dengan bobot 2,4 kilogram.

Sebagai sub-brand baru, Lenovo mempersenjatai seri LoQ dengan prosesor Intel Core generasi ke-13 dengan nama kode Raptor Lake. Dan SKU yang digunakan adalah Intel Core i7-13620H yang memiliki 10 core (6P+4E) 16 thread dengan base clock 2,4 GHz dan turbo boost clock hingga 4,9 GHz.Memori RAM-nya menggunakan dua keping 8 GB DDR5-5200 yang artinya secara keseluruhan sudah dual-channel dengan kapasitas 16 GB. Sementara penyimpanannya menggunakan SSD generasi terbaru NVMe PCIe 4.0 x4 dengan kapasitas 512 GB.Untuk konektivitasnya sudah cukup mewakili komputasi moderen seperti port USB type-C 3.2 Gen 2 yang mendukung data transfer, power delivery 140 watt, dan DisplayPort 1.4.

Bagi kebutuhan video conference atau video call, webcam-nya memiliki resolusi full HD 1080p yang dilengkapi dengan e-shutter untuk menjaga privasi ataupun keamanan dari aktivitas webcam.

Bagi yang menyukai tema RGB, keyboardnya memiliki backlit Rgb 4-zona yang bisa diatur melalui software bawaan dari Lenovo yaitu Lenovo Vantage.Lenovo LoQ 15 memiliki layar ukuran 15,6 inci dengan resolusi full HD atau 1920 x 1080. Panel yang digunakan yaitu IPS dengan tingkat kecerahan 350 nits. Guna menghindari pantulan cahaya, sudah dilengkapi dengan fitur anti glare.

Untuk kenyamanan bermain game, terutama berjenis fps yang bergerak cepat, layarnya memiliki refresh rat 144 Hz. Layarnya juga mendukung G-SYNC guna mengatasi gejala stutter, lag, dan tearing pada game.

Sama dengan seluruh laptop yang diperkenalkan pada ajang Lenovo Innovate 2023, Lenovo LoQ 15 juga hadir dengan chip AI khusus pertama di dunia pada laptop gaming yang mengatur Lenovo AI Engine+, perangkat lunak machine-learning yang mengatur sistem secara optimal bagi para gamer untuk pengalaman dan performa gaming terbaik, apapun yang mereka mainkan.Harga dan KetersediaanLenovo LoQ 15 dengan spesifikasi yang disebut diatas, dibanderol dengan kisaran harga Rp20 jutaan. Harga ini sudah termasuk sistem operasi Windows 11 serta Office Home and Student 2021 yang bisa digunakan seumur hidup.Untuk masa garansinya, Lenovo memberi jaminan garansi Premium Care dan Accidental Damage Protection selama dua tahun.