Find Us On Social Media :

Pabrik Electrum Dibangun, Grup GoTo Optimis Seluruh Armadanya Motor Listrik di 2030

By Rafki Fachrizal, Senin, 26 Juni 2023 | 12:45 WIB

Ilustrasi motor listrik Electrum.

Perusahaan Electrum telah memulai proses pembangunan pabrik motor listrik pertama mereka di Indonesia.

Electrum sendiri merupakan perusahaan patungan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo) dan PT TBS Energi Utama Tbk.

Pabrik yang berlokasi di kawasan GIIC Cikarang itu akan dibangun di lahan seluas tiga hektar, dan memiliki kapasitas produksi sampai dengan 250 ribu unit per line pada tahap awal.

Pabrik tersebut juga akan dilengkapi dengan laboratorium pengujian kualitas, pusat penelitian dan pengembangan, dan trek pengujian.

Pabrik ini ditargetkan akan selesai pada pertengahan tahun 2024 dan memulai produksi pada tahun yang sama.

Direktur/Presiden Unit Bisnis On-Demand Services GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo menegaskan dukungan Grup GoTo bagi Electrum sebagai salah satu kontributor pertumbuhan bisnis Grup GoTo.

"Pembangunan pabrik Electrum merupakan langkah besar dalam upaya GoTo mencapai target Nol Emisi dengan transisi armada menjadi kendaraan listrik secara penuh di tahun 2030. Sejak fase uji coba motor listrik di Jakarta, kami telah menghadirkan berbagai kemajuan serta melihat besarnya antusiasme serta sambutan positif dari mitra pengemudi dan konsumen.”

“Penggunaan motor listrik membantu mitra pengemudi kami mengurangi biaya operasional, dengan meniadakan biaya bahan bakar dan penggantian oli transmisi. Konsumen pun mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dari kendaraan listrik tersebut,” lanjutnya.

Sebelumnya, Electrum telah melakukan uji coba tahap pertama kendaraan listrik roda dua pada awal 2022.

Uji coba motor listrik Electrum melalui mitra pengemudi Gojek melalui layanan GoRide Electric, melampaui jarak tempuh sembilan juta kilometer dengan total 500 unit motor listrik yang diuji coba.

Motor listrik Electrum juga telah mengambil bagian dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali yang telah berlangsung beberapa bulan lalu.

Catherine menambahkan, “Dalam waktu dekat kami juga berencana untuk mempermudah kepemilikan motor listrik bagi mitra pengemudi, sekaligus memperluas layanan GoRide Electric untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.”

Baca Juga: GoSend Car Instant dan GoBox Van, Dua Layanan Baru Gojek untuk Pengiriman Paket Besar

Baca Juga: Berkat Blockchain, Kini Pengguna $TOKO Bisa Nikmati Layanan Gojek dkk