Find Us On Social Media :

Fitur Baru WA Business Bantu UMKM Jangkau Pelanggan dengan Cepat, Efisien

By Liana Threestayanti, Rabu, 28 Juni 2023 | 15:06 WIB

Bertepatan dengan momen Hari UMKM Internasional yang jatuh kemarin (27/6), Meta mengumumkan kemampuan baru pada aplikasi WhatsApp Business. (Ilustrasi WhatsApp Business)

Bertepatan dengan momen Hari UMKM Internasional yang jatuh kemarin (27/6), Meta mengumumkan kemampuan baru pada aplikasi WhatsApp Business.

Dua kemampuan baru ini diharapkan akan memudahkan lebih dari 200 juta pengguna aplikasi WhatsApp Business terhubung dengan lebih banyak pelanggan secara lebih efisien. 

Kemampuan pertama adalah membuat iklan yang mengarahkan ke WhatsApp tanpa pengguna perlu memiliki akun Facebook. Dengan kemampuan ini, berbagai bisnis kecil di seluruh dunia yang menjalankan seluruh operasinya di WhatsApp akan dapat membuat, membeli, dan menayangkan iklan Facebook atau Instagram secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp Business. 

Pengguna tidak perlu memiliki akun Facebook, cukup menggunakan alamat email dan bentuk pembayaran. Ketika seseorang mengeklik iklan, iklan tersebut akan membuka chat di WhatsApp sehingga calon pembeli/pelanggan dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian. 

Menurut Meta, iklan ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendorong calon pelanggan mengirim pesan kepada penjual di WhatsApp. Cara ini juga ditujukan Meta untuk membuka peluang baru bagi bisnis kecil yang hanya menggunakan WhatsApp dan membutuhkan cara yang lebih sederhana untuk mulai beriklan.

Kemampuan kedua hadir dalam bentuk fitur baru di aplikasi WhatsApp Business. Melalui fitur ini, bisnis kecil memiliki pilihan untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi dengan cara yang lebih cepat dan efisien kepada pelanggan mereka, seperti pengingat janji temu, ucapan selamat ulang tahun, atau informasi diskon musim liburan. 

Menurut Meta, fitur ini disiapkan sebagai alat yang dapat membantu bisnis kecil terhubung dengan pelanggan secara cepat dan mudah dalam skala besar ketika mereka menemukan pelanggan baru.

Dengan fitur ini, pengelola bisnis tidak perlu mengirim pesan yang sama secara manual ke beberapa pelanggan. Fitur baru memungkinkan bisnis mengirim pesan pribadi berisi nama pelanggan dan tombol ajakan bertindak yang dapat disesuaikan ke daftar pelanggan tertentu, misalnya pelanggan mereka yang memiliki label khusus (contohnya, "pelanggan VIP" atau "pelanggan baru"), menjadwalkan hari dan waktu pengiriman pesan, dan kemudian melihat efektivitasnya. Meta akan menawarkan jenis pesan opsional tingkat lanjut ini secara berbayar di aplikasi WhatsApp Business.

“Usaha kecil di Indonesia telah menjadi pelopor dalam mengadopsi digital tools untuk membawa bisnis mereka secara online dengan sukses. Fitur-fitur baru ini akan memberi mereka akses ke alat yang secara tradisional hanya tersedia untuk bisnis besar dan membantu mereka melakukan hal yang paling penting—terhubung dengan pelanggan dan tumbuh,” ujar Pieter Lydian, Country Director Meta Indonesia.

Menurut data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, saat ini terdapat 65,4 juta UMKM di Indonesia yang mempekerjakan 114,7 juta orang atau sekitar 56% dari tenaga kerja di Indonesia. Selain itu, MSME Empowerment Report, 2022 mencatat bahwa UMKM juga memberikan kontribusi lebih dari 60% terhadap PDB negara.