Find Us On Social Media :

Fokus Keamanan Pelanggan, PT MTM Raih Sertifikasi CSIRT dari BSSN

By Adam Rizal, Sabtu, 1 Juli 2023 | 05:30 WIB

PT. MTM

PT Media Telekomunikasi Mandiri (MTM) telah menjadi penyedia solusi infrastruktur jaringan teknologi informasi (TI) selama 15 tahun terakhir. Dengan tim profesional yang ahli dan berpengalaman, MTM berkembang menjadi perusahaan system integrator, penyedia layanan TI dan memberikan solusi bagi perusahaan-perusahaan telco di Indonesia.

Memiliki layanan Communication and Network Infrastructure, Managed Services Connectivity & Security, Satellite Business dan IT Outsourcing, MTM siap memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan. MTM telah membangun kemitraan dengan sejumlah mitra global terkemuka dan terbaik di kelasnya, seperti Juniper Networks, Fortinet, Ciena dan lain-lain.

Layanan mencakup perencanaan, pengembangan, instalasi, dan pengoperasian jaringan komunikasi dan infrastruktur; diantaranya, seperti Data Center, DWDM, SD-WAN dan Security Services. MTM juga menyediakan layanan jaringan internet satelit melalui Low Earth Orbit Satellite yang bisa menjangkau seluruh daerah di nusantara. Selain itu, Dengan standar ISO 9001:2015 & ISO/IEC 27001:2013 dan MTM-CSIRT merupakan wujud komitmen penuh dari MTM untuk selalu memberikan layanan terbaik dan kredibel kepada pelanggan ataupun partner bisnis.

BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) memberikan dua achievement dari dalam pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT), yakni MTM menjadi perusahaan swasta cybersecurity yang pertama melakukan registrasi CSIRT di Indonesia dan mampu menyelesaikan dengan waktu sertifikasi tercepat, hanya dalam waktu dua bulan.

Slamet Aji Pamungkas selaku Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN, megatakan, “BSSN, mewakili pemerintah Republik Indonesia, sangat memperhatikan aspek keamanan siber baik untuk pengguna Pemerintah, Korporasi, Ritel maupun masyarakat secara umum."

“Melalui pembentukan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) atau Tim Tanggap Insiden Siber, PT Media Telekomunikasi Mandiri yang merupakan pelopor perusahaan swasta cybersecurity di Indonesia, diharapkan mampu menjadi mitra BSSN dalam meningkatkan kesadaran pentingnya literasi pengetahuan tentang keamanan siber dan menjawab tantangan-tantangan dalam mengelola risiko keamanan di Indonesia," ujarnya.

Nurul Kowim selaku Presiden Direktur MTM mengatakan dalam era digital yang sangat pesat ini ancaman siber yang semakin kompleks dan terorganisir, kehadiran CSIRT menjadi sangat krusial dalam melindungi infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi.

"MTM-CSIRT memiliki tugas menerima, meninjau, dan menanggapi laporan aktivitas insiden keamanan siber. dengan memberikan respon penanggulangan dan pemulihan yang efektif, serta mencegah terjadinya insiden siber di masa mendatang," ucapnya.

MTM sebagai perusahaan ICT solutions menyadari dampak dari ancaman siber yang semakin meningkat dapat mengganggu proses bisnis, sehingga perusahaan perlu mengantisipasi dan menyiapkan strategi khusus menjaga keamanan data. Dengan memberikan layanan responsif dan berkualitas tinggi yang berfokus pada kebutuhan pelanggan, MTM menjadi solusi yang sesuai dengan tuntutan dan standar industri terkini dalam mengembangkan bisnis anda.

Website: www.mtm.id