Find Us On Social Media :

Google Kembangkan Teknologi AI Gemini, Lebih Canggih dari ChatGPT

By Adam Rizal, Minggu, 2 Juli 2023 | 09:30 WIB

Google AI Gemini

Google DeepMind, sebuah laboratorium riset artificial intelligence (AI) mengembangkan teknologi AI bernama Gemini, sebuah sistem model bahasa besar generasi terbaru yang inovatif.

Gemini menggabungkan kemampuan AlphaGo dengan model bahasa yang lebih canggih dari GPT-4, teknologi di balik ChatGPT milik OpenAI.

AlphaGo, sistem AI DeepMind yang pertama mengalahkan manusia profesional di permainan papan Go pada 2016, dan memanfaatkan kemampuan mengesankan dari Model Bahasa Besar (LLM).

Saat ini Gemini masih berada dalam masa pengembangan dan pelatihan selama beberapa bulan lagi. Pengembangan Gemini menelan biaya puluhan hingga ratusan juta dolar sebagai respons kompetitif Google terhadap ChatGPT dan berbagai teknologi AI generatif.

CEO DeepMind Demis Hassabis mengatakan keunggulan AI Gemini terletak pada algoritma reinforcement learning dan search tree yang memberi pembaruan kinerja terkait pemecahan masalah dan perencanaan.

"Gemini dapat menangani data atau tugas apa pun tanpa memerlukan model khusus," katanya seperti dikutip wired.com.

Hassabis mengatakan Gemini dirancang untuk mengembangkan chatbot yang melebihi kemampuan pemimpin pasar saat ini, ChatGPT milik OpenAI, sekaligus hadir dengan lebih bertanggung jawab.

Jika semua berjalan lancar, Hassabis mengungkapkan Gemini akan memiliki kemampuan untuk merencanakan atau menyelesaikan masalah dan menganalisis teks.

“Pada tingkat tinggi, Anda dapat menganggap Gemini sebagai kombinasi dari beberapa kekuatan sistem tipe AlphaGo dengan kemampuan bahasa yang luar biasa dari model besar. Kami juga memiliki beberapa inovasi baru yang akan sangat menarik," ujar Hassabis.

Gemini memperoleh keunggulan kompetitif karena bersifat "multi-modal" alias tak terbatas hanya pada modalitas tunggal.

Gemini akan menggabungkan pemrosesan bahasa alami dan pembelajaran penguatan. Menurut Wired, pembelajaran penguatan melibatkan penghargaan sistem AI untuk perilaku tertentu dan atau menghukum perilaku yang tidak diinginkan.

Gemini adalah bagian dari strategi Google untuk tetap bersaing di pasar AI. Sebelumnya, Google AI juga telah meluncurkan chatbot Bard dengan model bahasa PaLM 2 serta memasukkan AI generatif ke dalam mesin pencari dan beberapa produk lainnya.

DeepMind belum mengungkap kapan Gemini bakal dirilis secara resmi.