Find Us On Social Media :

Mengenal Jejakin, Platform untuk Mewujudkan Lingkungan Berkelanjutan

By Wisnu Nugroho, Senin, 3 Juli 2023 | 07:05 WIB

Jejakin adalah platform untuk mengelola jejak karbon bagi perorangan maupun organisasi

Mungkin banyak orang yang tidak sadar jika ada jejak karbon yang dihasilkan dari setiap kegiatan yang kita lakukan. Mulai saat Anda mengendarai kendaraan, menonton televisi, sampai menggunakan smartphone untuk membaca artikel ini. 

Hal ini karena ada karbon yang dihasilkan dari kegiatan di atas. Saat Anda mengendarai kendaran, ada bensin yang dibakar dan menghasilkan gas karbon. Saat menggunakan perangkat elektronik, Anda membutuhkan tenaga listrik yang dihasilkan dari pembangkit yang menghasilkan gas karbon.

Jejak karbon ini memang sesuatu yang sulit (atau bahkan mustahil) untuk dihilangkan. Namun di tengah isu pemanasan global saat ini, sudah saatnya kita mengurangi jejak karbon. Jika jejak karbon tidak bisa dihindari, kita pun bisa melakukan usaha untuk “menghilangkan” karbon tersebut. 

Mendorong setiap orang memahami dan mengurangi jejak karbon memang bukan hal yang mudah. Namun hal itulah yang dilakukan Jejakin, sebuah startup yang didirikan oleh Arfan Arlanda pada 2018.

Mengenal Jejakin

Secara prinsip, Jejakin adalah organisasi yang menyediakan platform untuk menghitung jejak karbon. Untuk mengakses perhitungan tersebut, Jejakin menyediakan kalkulator jejak karbon di aplikasi mereka, JejakinApp. Anda bisa menghitung jejak karbon dari durasi kegiatan sehari-hari, seperti berapa lama Anda menggunakan smartphone/laptop, menonton televisi, dan mengendarai motor/mobil. Dari kegiatan tersebut, Jejakin akan menampilkan perkiraan jejak karbon yang Anda hasilkan.

Selain itu, Jejakin juga menjadi platform untuk menetralkan jejak karbon tersebut. Seperti Anda tahu, karbon dapat dikurangi melalui penanaman pohon yang menyerap karbondioksida melalui proses fotosintesis. Di Jejakin, Anda dapat berkontribusi menetralkan karbon dengan membiayai aktivitas penanaman pohon tersebut.

Untuk memudahkan pengguna, Jejakin telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan nasional. Contohnya dengan Telkomsel. Pengguna Telkomsel dapat menghitung jejak karbon di situs Telkomsel. Setelah itu, pengguna dapat menukarkan poin Telkomsel untuk membiayai aktivitas mengurangi jejak karbon dari Jejakin.

Program serupa juga Anda bisa temukan di aplikasi Gojek. Anda bisa menghitung jejak karbon dan membiayai program pengurangan karbon di fitur GoGreener. Saat ini, Jejakin telah  bekerja sama dengan setidaknya 20 institusi, 30 LSM, pemilik tanah (landowner), dan mitra pemerintah, dengan lebih dari 10 ribu caretakers di lapangan.

Selain untuk konsumen, Jejakin juga menyediakan platform untuk perusahaan dan organisasi. Menggunakan algoritma dan teknologi Artificial Intelligence, Jejakin dapat membantu organisasi menghitung jejak karbon dari berbagai aktivitas bisnis mereka. 

Ada aplikasi CarbonIQ  yang membantu membantu organisasi memahami emisi karbon dan dampak produk mereka, CarbonAtlas sebagai platform monitoring, reporting, dan verification program keberlanjutan mereka, serta CarbonSpace untuk membiayai proyek aksi iklim. 

“Sembari membantu organisasi dan konsumen mengimbangi jejak karbon mereka, kami juga berupaya mempertahankan kelangsungan ekonomi mitra lokal, petani, serta masyarakat,” ungkap Arfan sang pendiri Jejakin.

“Kami berharap keseimbangan ini dapat menciptakan ekosistem yang bermanfaat bagi alam dan manusia, serta mendukung tercapainya visi kami untuk menciptakan ekonomi sirkular,” lanjut Arfan.