Find Us On Social Media :

Pasarkan ORI023, Investree Ajak Lender Individu Jadi Investor SBN & Kuatkan Ekonomi RI

By Liana Threestayanti, Selasa, 4 Juli 2023 | 14:11 WIB

Investree kembali memasarkan instrumen e-SBN, berupa Obligasi Negara Ritel seri ORI023-T3 dan ORI023-T6. (Ket. Foto: Forum diskusi antar sejumlah Mitra Distribusi termasuk Investree dalam Pembukaan Masa Penawaran Obligasi Negara Ritel seri ORI023, Jumat (30/06) di Jakarta.)

Menginjak tahun kelima menjadi Mitra Distribusi (Midis), Investree kembali memasarkan instrumen Surat Berharga Negara Elektronik (e-SBN), berupa Obligasi Negara Ritel seri ORI023-T3 dan ORI023-T6. Masa penawaran berlangsung sejak 30 Juni sampai 20 Juli 2023.

Seperti tiga e-SBN yang dikeluarkan sebelumya, ORI023 juga datang dengan 2 (dua) pilihan tenor, yaitu ORI023-T3 dan ORI023-T6. Selain tenor, perbedaan keduanya adalah nilai maksimal pemesanan dan tingkat kupon. 

Dari penerbitan Sukuk Tabungan seri ST010 yang resmi ditutup pada akhir Mei lalu, Investree berhasil mencapai target 100% untuk penjualan ST010-T2 yang memiliki tenor 2 (dua) tahun. Melalui keterangan tertulis, Investree menyampaikan, penjualan ST010-T2 di Investree dengan masa penawaran 27 hari habis dalam waktu 26 hari. 

Melihat perbedaan penjualan seri ST010-T2 dan ST010-T4 di Investree, ST010-T2 cenderung digemari oleh para Investor SBN karena mempunyai tenor lebih pendek. Menurut Investree, hal ini dapat disebabkan oleh penilaian para Investor SBN perihal ketidakpastian yang seringkali terjadi di pasar.

“Saat ini, Investree diperkuat dengan basis Lender Individu mencapai 61 ribu. Namun hanya 21% dari angka tersebut yang terdaftar sebagai Investor SBN atau kurang lebih 13 ribu. Ini menandakan ada potensi luar biasa yang bisa kita dorong terkait partisipasi Lender agar ikut serta membeli produk SBN Ritel pada platform Investree,” jelas Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi. 

Ia menambahkan, membeli SBN Ritel, salah satunya ORI023 yang tengah dipasarkan saat ini, dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. “Lender tinggal mendaftar sebagai Investor SBN kemudian menyelesaikan berbagai tahapan pembelian langsung dari aplikasi Investree for Lender,” jelasnya. Menurutnya, membeli SBN Ritel ini juga berarti Lender turut berkontribusi membangun perekonomian negeri terutama dalam membiayai kebutuhan anggara pemerintah.

Untuk mempromosikan ORI023-T3 dan ORI023-T6, Investree memanfaatkan berbagai saluran komunikasi resmi, antara lain website, aplikasi mobile Investree for Lender, media sosial dan e-newsletter kepada seluruh Lender Investree, juga melaksanakan acara investor gathering untuk mengedukasi secara langsung pada calon investor. Investree juga melakukan kegiatan pemasaran secara bersama-sama dengan Midis lainnya meliputi pemanfaatan Key Opinion Leader (KOL), talkshow di televisi dan/atau radio, hingga pemasangan materi iklan di luar rumah (OOH).

“Apalagi, penawaran ORI023 terdiri dari 2 (dua) seri. Ada ORI023-T3 dan ORI023-T6 yang berbeda nilai maksimal pemesanan, tingkat kupon, dan tenornya. Sehingga Lender dapat berinvestasi secara nyaman sesuai dengan preferensi dan toleransi risiko mereka. Selain itu, karena ORI023 dapat diperdagangkan di Pasar Sekunder, akan ada potensi keuntungan dari selisih harga (capital gain) ketika harga jual lebih tinggi daripada harga beli,” sambung Adrian.

Salah satu Lender Investor yang sekarang menjadi Investor SBN adalah Tio. Pria berusia 30 tahun ini mengemukakan alasannya memilih berinvestasi pada e-SBN adalah e-SBN dipandang cukup aman bagi investor pemula atau investor yang konservatif. 

“Saya pilih SBN yang bertenor 5 lima tahun, karena walau tenornya lebih panjang, tapi tingkat imbal hasilnya juga lebih tinggi,” ujarnya lagi. 

Ia menyebut kemudahan dan kenyamanan sebagai keunggulan yang ia temui pada aplikasi Investree. “Selain itu, salah satu yang sangat penting menurut saya bagi semua calon investor, semua informasi yang saya butuhkan tercantum dengan jelas, baik pada aplikasi maupun halaman FAQ di website Investree,” ujar Tio.

ORI023-T3 dan ORI023-T6 dapat dibeli mulai 30 Juni sampai 20 Juli 2023 di sbn.investree.id atau aplikasi mobile Investree for Lender yang bisa diunduh di Apple App Store atau Google Play Store. 

ORI023 tersedia dalam 2 (dua) pilihan: ORI023-T3 dengan tingkat imbal hasil 5,90% p.a., tenor jatuh tempo 3 (tiga) tahun, dan maksimal pemesanan Rp5 miliar dan ORI023-T6 dengan tingkat imbal hasil 6,10% p.a., tenor jatuh tempo 6 (enam) tahun, dan maksimal pemesanan Rp10 miliar. Tingkat kupon ORI023-T3 dan ORI023-T6 bersifat tetap (fixed) dan dapat dijual di Pasar Sekunder dengan batas waktu minimal kepemilikan atau Minimum Holding Period (MHP) 1 (satu) kali pembayaran kupon.

Hingga siaran pers ini diterbitkan, Investree telah menjual ORI023 sebesar 8% dari target untuk tenor 3 tahun dan 58% dari target untuk tenor 6 tahun