Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Mudah Mengaktifkan Asisten AI Copilot Windows 11?

By Adam Rizal, Senin, 10 Juli 2023 | 14:00 WIB

Microsoft Copilot

Microsoft telah menghentikan asisten virtualnya Cortana pada sistem operasi Windows, mengingat kurang laku di pasaran.

Sebagai gantinya, Microsoft akan menghadirkan asisten virtual lainnya Copilot yang berbasis artificial intelligence (AI) untuk membantu pengguna menavigasi Windows 11. Windows Copilot dapat membantu Anda memudahkan beberapa pekerjaan termasuk menemukan file, mengatur pengingat, dan bahkan menulis email.

Windows Copilot tersedia sebagai aplikasi terpisah di Windows 11 dan dapat diakses dari bilah tugas di semua aplikasi dan program. Anda juga dapat mengaktifkan Copilot dengan mengklik tombol Copilot, yang terletak di sebelah bilah pencarian di bilah tugas. Microsoft merancang Windows Copilot dengan kueri bahasa alami untuk memberikan jawaban khusus atas pertanyaan pengguna, seperti ChatGPT dan Bing Chat. Tak hanya itu, Copilot juga dapat melakukan tindakan atas nama pengguna, seperti mengubah pengaturan, memulai daftar putar, atau membuka aplikasi. Windows Copilot juga dapat meringkas konten yang dilihat pengguna di aplikasi, menulis ulang, atau bahkan menjelaskannya. Selain itu, Copilot juga dapat memberikan ChatGPT seperti jawaban atas pertanyaan dalam konteks obrolan. Dengan Windows Copilot, pengguna dapat memintanya untuk menulis ulang, meringkas, atau menjelaskan konten yang disalin dari satu aplikasi, lalu menempelkan versi baru ke aplikasi lain. Saat ini, fitur ini hanya tersedia di saluran Dev (Windows 11 build 23493). Namun, versi dev seperti itu dapat memiliki bug dan ketidakstabilan.

Namun, jika Anda masih ingin mencoba fitur ini tetapi tidak berada di saluran dev atau program pengembang, ikuti beberapa langkah ini: - Daftarkan PC Windows 11 apa pun di saluran ini dengan membuka aplikasi.

- Pengaturan Windows 11 – Pembaruan Windows.

- Program Windows Insider dan masuk dengan Akun Microsoft.

- Klik tombol Mulai

- Tautkan Akun Microsoft Anda, dan pilih Dev Channel.

- Tekan Lanjutkan, lalu ikuti langkah-langkah di layar Anda.

- Kembali ke Pembaruan Windows dan klik tombol Periksa Pembaruan.