Find Us On Social Media :

Fitur Baru di Aplikasi DoctorTool Bantu Kelola Diabetes Secara Mandiri

By Rafki Fachrizal, Selasa, 11 Juli 2023 | 11:00 WIB

Rainaldo, CEO DoctorTool.

Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit kronis penyebab kematian tertinggi di tanah air.

Menurut data dari Institude for Health Metrics and Evaluation, diabetes merupakan penyakit penyebab kematian tertinggi ke 3 di Indonesia pada tahun 2019, yaitu sekitar 57,42 kematian per 100.000 penduduk.

Sementara, data International Diabetes Federation (IDF) menemukan bahwa jumlah penderita diabetes pada 2021 di Indonesia meningkat drastis dalam sepuluh tahun terakhir. 

Jumlah tersebut diperkirakan dapat mencapai 28,57 juta pada 2045, atau lebih besar 47% dibandingkan dengan jumlah 19,47 juta pada 2021 lalu.

Melihat kondisi itu, startup (perusahaan rintisan) DoctorTool bersama pihak dari dunia pendidikan menghadirkan solusi pengelolaan diabetes mellitus melalui peluncuran fitur DIEN (Diabetic Self-Management) di dalam aplikasi DoctorTool Mobile.

Seperti diketahui, individu penderita diabetes perlu mengelola kondisi mereka dengan hati-hati dan secara konsisten untuk menghindari komplikasi yang dapat membahayakan kualitas hidup mereka.

Namun, pengelolaan diabetes sering kali memerlukan pemantauan yang ketat, penyesuaian gaya hidup, serta perubahan perilaku yang tidak selalu mudah untuk dilakukan.

Dengan dihadirkannya fitur baru DIEN di aplikasi DoctorTool Mobile, nantinya akan membantu penderita diabetes dalam menunjang perawatan diri sehingga perilaku hidup mereka berubah menjadi lebih sehat.

“DoctorTool tidak berhenti untuk terus berinovasi, seperti halnya dengan mengembangkan riset fitur bersama dunia pendidikan seperti fitur DIEN (Diabetic Self-Management) ini yang bisa digunakan oleh semua penderita diabetes untuk melakukan perawatan secara mandiri,” Jelas Rainaldo, CEO DoctorTool.

“Hal ini juga bentuk komitmen DoctorTool, sebagai startup di bidang kesehatan, untuk mendukung program pemerintah dalam pengendalian dan pengelolaan diabetes. Semoga ke depannya DIEN dapat membantu untuk meningkatkan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia,” tambah Rainaldo.

Fitur DIEN (Diabetic Self-Management) dikembangkan oleh DoctorTool bersama Dr. dr. Dien Kurtanty, MKM, sebagai fitur manajemen diabetes dan gula darah secara mandiri.

“Pengelolaan diabetes yang efektif melibatkan pemantauan glukosa darah, pengaturan pola makan, pengelolaan aktivitas fisik, dan kepatuhan terhadap pengobatan. DoctorTool mewujudkan ini dalam teknologi mobile dalam fitur DIEN yang dapat dengan mudah digunakan oleh penderita diabetes dalam melakukan perawatan mandiri setiap hari.” Ujar Dr. dr. Dien Kurtanty, MKM, saat promosi doktoral di Universitas Indonesia.

Ketika menggunakan fitur DIEN ini, DoctorTool juga memastikan bahwa data medis sensitif milik pengguna akan aman dan terlindungi.

Sehingga, penderita diabetes tidak perlu khawatir akan masalah privasi dan keamanan data.

Baca Juga: Startup DoctorTool Kembangkan Teknologi Internet of Medical Things