Find Us On Social Media :

Tak Perlu Photoshop, Ini Rekomendasi Tools AI Canggih untuk Edit Foto

By Adam Rizal, Kamis, 13 Juli 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi Hasil editan foto oleh AI

Apa yang terlintas di pikiran Anda ketika mendengar aplikasi edit foto? Ya photoshop. Photoshop adalah aplikasi populer untuk mengedit foto dalam beberapa tahun terakhir. Namun, perkembangan ArtificiaI Intelligence (AI) yang begitu pesat, melahirkan banyak tools AI untuk memanipulasi gambar.

Anda tidak perlu lagi menjadi seorang ahli Photoshop untuk bisa menyunting foto dan membuatnya jadi lebih bagus daripada aslinya. Tools AI mampu mengubah efek pencahayaan pada suatu foto, mengganti latar belakangnya secara keseluruhan, atau bahkan menghapus objek-objek yang tidak diinginkan. Tak hanya itu, Tools AI juga mampu memanipulasi gambar sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Berikut rekomendasi tools AI untuk keperluan edit foto:

Adobe Firefly

Adobe memiliki aplikasi Adobe Firefly yang memiliki fitur AI untuk menyunting foto. Cara kerja fitur itu sangat sederhana karena pengguna hanya perlu menandai bagian yang hendak diedit, lalu mengetikkan instruksinya. Adobe Firefly dapat langsung diakses via web secara cuma-cuma, cukup dengan mendaftar atau login menggunakan akun Adobe.

PhotoRoom

PhotoRoom adalah aplikasi edit foto berbasis AI yang cukup populer yang tersedia di iOS, Android, maupun web.  PhotoRoom menawarkan banyak fitur gratis. Anda dapat .enghapus background dan menggantinya dengan yang lain merupakan salah satu spesialisasi PhotoRoom yang paling difavoritkan para penggunanya. PhotoRoom juga memiliki fitur Retouch, yang memungkinkan pengguna untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dari sebuah foto, cukup dengan menandainya saja. PhotoRoom juga memiliki versi berbayar bagi yang ingin menyimpan hasil penyuntingan dalam resolusi yang lebih besar, atau yang tidak ingin hasil editannya memiliki watermark.

Getimg.ai

Getimg.ai merupakan sebuah tools AI image generator yang mempunyai fitur editing. Sebagai tools text-to-image berbasis Stable Diffusion, cara kerjanya pun jauh dari kata ribet: pengguna hanya perlu menandai bagian foto yang ingin diedit, lalu mencantumkan deskripsi teks dari hasil penyuntingan yang hendak dicapai.

Fitur unggulannya adalah Dreambooth, yang dapat mengubah foto seseorang menjadi avatar AI dalam berbagai art style. Tak hanya untuk foto portret, fitur ini juga bisa sangat bermanfaat untuk menghasilkan berbagai variasi dari suatu foto produk. Soal biaya, Getimg.ai menerapkan sistem kredit. Pengguna akan menerima 100 kredit setiap bulannya tanpa perlu membayar apa-apa. Kalau perlu lebih, pengguna bisa berlangganan versi berbayarnya dengan tarif bulanan mulai $12.

Photopea

Photopea adalah alternatif Photoshop yang dapat diakses langsung via browser. Tools ini sepenuhnya gratis, akan tetapi fitur edit foto yang ditawarkan benar-benar melimpah, termasuk yang memanfaatkan kecanggihan AI. Photopea memiliki fitur Magic Replace yang memungkinkan pengguna untuk mengganti objek pada foto dengan AI-generated image. Cara kerjanya cukup sederhana, pengguna hanya perlu menandai objek atau bagian foto yang hendak diganti, lalu ketikkan deskripsi penggantinya, dan klik tombol "Replace".

Canva Magic Tools

Canva menyediakan sejumlah fitur berbasis AI yaitu Magic Eraser dan Magic Edit. Magic Eraser, sesuai namanya, berfungsi untuk menghapus objek atau elemen-elemen tertentu yang dinilai mengganggu dari sebuah foto. Cara kerjanya tidak berbeda dari fitur serupa yang ditawarkan oleh tools lain. Magic Edit di berfungsi untuk menukar suatu objek dalam gambar dengan objek lain yang dibuat oleh generative AI, sesuai dengan prompt teks yang pengguna cantumkan.

Fotor

Fotor adalah tools edit foto yang cukup populer yang juga dilengkapi sederet fitur berbasis AI. Pengguna dapat menghapus background, meningkatkan resolusi gambar (upscaling), maupun mengubah foto menjadi yang bergaya kartun. Fotor juga tersedia dalam bentuk aplikasi iOS dan Android. Untuk keperluan editing foto yang mendasar, Fotor dapat digunakan secara gratis. Sebagian besar fitur AI-nya di sisi lain perlu ditebus dengan tarif berlangganan mulai $9 per bulan.

Runway

Meski lebih populer di kalangan video editor, Runway memiliki beberapa fitur AI yang mencakup background removal, outpainting alias memperluas gambar hingga melewati bingkai aslinya, serta AI colorizer. Runway mematok tarif berlangganan mulai $15 per bulan.