Find Us On Social Media :

Dewan PBB Adakan Pertemuan yang Membahas Resiko AI untuk Pertama Kali

By Rafki Fachrizal, Senin, 17 Juli 2023 | 18:45 WIB

Ilustrasi UN Security Council.

UN Security Council (Dewan Keamanan PBB) akan mengadakan pertemuan khusus yang membahas tentang teknologi AI (artificial intelligence).

Inggris, yang saat ini menjadi ketua bergilir Dewan Keamanan PBB di bulan Juli ini, menyerukan dialog internasional dalam pertemuan itu mengenai dampak teknologi AI terhadap perdamaian dan keamanan global.

Diketahui, Inggris sendiri saat ini tengah berupaya mencari peran kepemimpinan global dalam regulasi AI.

Dikutip dari Reuters, pertemuan pertama yang membahas topik teknologi AI itu kabarnya bakal berlangsung minggu ini di New York. Menteri Luar Negeri Inggris, James Cleverly, akan memimpin pertemuan ini.

Pertemuan tersebut juga akan mencakup sambutan dari para ahli di bidang teknologi AI yang hadir, serta masukan dari Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres.

Sebelumnya, Guterres telah mengumumkan rencana untuk menjadi staf dewan penasehat AI pada bulan September.

Seperti diketahui, pemerintah di seluruh dunia sedang mempertimbangkan cara mengurangi bahaya yang dapat dimunculkan dari teknologi AI, yang dapat membentuk kembali ekonomi global dan mengubah lanskap keamanan internasional.

Pada bulan Juni lalu, Guterres juga telah mendukung proposal beberapa eksekutif di bidang teknologi AI untuk pembentukan badan pengawas teknologi AI internasional seperti Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Baca Juga: WormGPT, AI Tool yang Bisa Permudah Hacker Melakukan Serangan Siber

Baca Juga: Pakai Lima Software AI, Buat Presentasi Jadi Cepat & Mudah