Find Us On Social Media :

Microsoft Pastikan Bing AI Berbasis GPT-4 Selalu Tersedia Gratis

By Adam Rizal, Selasa, 25 Juli 2023 | 15:30 WIB

Microsoft Bing ChatGPT

Chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT sukses menjadi inspirasi perusahaan raksasa teknologi lainnya untuk meluncurkan layanan serupa.

Saat ini pengguna yang merasakan teknologi ChatGPT 4 milik OpenAI harus menjadi pelanggan premium yang harus mengeluarkan biaya setiap bulannya.

Sedangkan, layanan Microsoft Bing berbasis ChatGPT 4 bisa Anda nikmati tanpa biaya. Kali Microsoft tegas menyatakan bahwa Microsoft akan terus menyediakan Bing AI berbasis GPT4 secara gratis.

Hal itu menjadi pertanyaan oleh pengguna karena Microsoft telah menghadirkan layanan Bing AI versi enterprise berbayar. Pengumuman terbaru tentang Bing Chat enterprise tidak akan berdampak pada pengalaman menggunakan AI saat ini.

"Pengguna tetap bisa mengakses Bing AI secara gratis melalui Edge dan Windows Copilot," tulis Microsoft dalam blognya.

Microsoft juga berkomitmen akan mengembangkan Bing Chat ke lebih banyak produk dan tidak akan membebankan biaya kepada pengguna untuk menggunakan AI tersebut.

Saat ini pengembangan Bing AI menggunakan model bahasa besar (LLM) yang dilatih oleh Microsoft dan OpenAI, menggunakan neural network dan big data dari berbagai sumber seperti buku, riset, dan lain-lain.

Bing juga telah dilatih menggunakan hasil pencarian, memungkinkan AI untuk mencari di web, merangkum data, dan berinteraksi dengan pengguna.

Microsoft juga telah menghadirkan berbagai peningkatan gratis pada Bing.com. Salah satu diantaranya adalah fitur "Visual Search" yang menggunakan model GPT-4 dari OpenAI untuk mengenali gambar dan memberikan deskripsi serta informasi yang relevan berdasarkan gambar yang diunggah pengguna.

Fitur Pencarian Visual ini tersedia di Bing.com, Microsoft Edge, dan aplikasi mobile. Selain itu, Microsoft sedang mengembangkan dukungan "no search" untuk Bing AI, yang akan menghadirkan pengalaman pencarian yang lebih mirip dengan ChatGPT.