Find Us On Social Media :

Kolaborasi SAP & B Capital Dorong Inovasi Startup Asia Pasifik

By Liana Threestayanti, Kamis, 27 Juli 2023 | 13:30 WIB

SAP dan B Capital, salah satu investor Kopi Kenangan, menandatangani MoU guna mendukung pertumbuhan dan inovasi startup binaan B Capital di Asia Pasifik. (Foto: Media Briefing SAP NOW SEA 2023)

SAP dan B Capital, salah satu investor Kopi Kenangan, menandatangani nota kesepahaman (MoU) guna mendukung pertumbuhan dan inovasi startup binaan B Capital, khususnya di Asia Pasifik.

Melalui kolaborasi ini, perusahaan-perusahaan portofolio B Capital dapat memanfaatkan strategi go-to-market (GTM) bersama dan memperoleh akses ke berbagai solusi, sumber daya industri, jaringan bisnis dan jangkauan global, serta best practice SAP.  

Selain itu, perusahaan-perusahaan ini juga akan memperoleh kesempatan untuk mempelajari dan mengevaluasi beragam solusi SAP, termasuk penawaran cloud GROW with SAP, yang dirancang untuk membantu UKM dan startup berkembang dengan lebih cepat. 

Melalui kolaborasi ini, SAP ingin membantu perusahaan-perusahaan dalam portofolio B Capital melakukan scaling dan berinovasi dengan cepat dalam mengembangkan aneka solusi software, mulai dari tahap pengembangan sampai tersedia di SAP Store. Sebagai informasi, SAP Store adalah pasar online untuk solusi perangkat lunak dari SAP dan para mitranya, yang tersedia di lebih dari 200 negara dan wilayah di seluruh dunia.

"Kami sangat antusias dalam memperkuat kolaborasi kami dengan SAP dan berharap dapat memberikan dukungan dan sumber daya kepada para pendiri dan perusahaan-perusahaan portofolio untuk meningkatkan pertumbuhan mereka dan meningkatkan skala bisnis mereka secara global," ujar Arijit Sengupta, General Partner di B Capital.

Arjit menambahkan, kolaborasi ini menegaskan kembali komitmen B Capital untuk menjembatani kesenjangan antara para pemimpin industri saat ini dengan perusahaan-perusahaan baru, terutama di kawasan Asia Pasifik.

"Ekosistem mitra SAP menjadi lebih penting bagi SAP dan pelanggan kami saat ini dibandingkan sebelumnya, karena kami semakin memanfaatkan inovasi mitra untuk mempercepat transformasi cloud bersama-sama," kata Utkarsh Maheshwari, Chief Partner Officer, Asia Pacific Japan, SAP, dalam acara media briefing di sela-sela SAP NOW SEA 2023 di Singapura. 

Menurut Utkarsh, kolaborasi ini tidak hanya menghubungkan SAP dengan talenta-talenta startup, khususnya yang ada dalam portofolio B Capital, tapi juga memungkinkan integrasi inovasi-inovasi teknologi baru ke dalam lingkungan SAP melalui SAP Business Technology Platform (SAP BTP).

“Hal ini membuka lebih banyak peluang bagi pelanggan SAP dan mitra lainnya, seiring dengan upaya kami untuk terus membangun kesiapan di masa depan, terutama untuk ekonomi AI," tandas Utkarsh Maheshwari.

Beberapa perusahaan dalam portofolio B Capital, termasuk Kopi Kenangan, telah mengadopsi solusi SAP untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan workflow pada  perencanaan sumber daya perusahaan (enteprise resource planning/ERP).