Find Us On Social Media :

Aplikasi ChatGPT Android Resmi Meluncur ke 4 Negara Ini, Indonesia?

By Adam Rizal, Jumat, 28 Juli 2023 | 12:00 WIB

Ilustrasi ChatGPT

OpenAI resmi menghadirkan aplikasi resmi chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT versi Android ke empat negara ini yaitu Amerika Serikat (AS), India, Bangladesh, dan Brasil.

Para pengguna ke empat negara itu sudah bisa mengunduh aplikasi ChatGPT versi Android di Google Play Store.

Sayangnya, pengguna ChatGPT di Indonesia belum menerima aplikasi resmi ChatGPT versi Android.

Peluncuran aplikasi Android ini datang setelah Sensor Tower dan data Similarweb mencatat penurunan lalu lintas web dan pengunduhan aplikasi pada bulan Juni sebelumnya.

Meski ChatGPT telah menarik perhatian publik karena kesuksesannya yang luar biasa, persaingan semakin ketat seiring dengan peluncuran Threads milik Meta.

Apalagi, model GPT-4 dari OpenAI juga telah mendukung chatbot Bing AI yang sudah tersedia di Android selama beberapa bulan. Sementara itu, Bard AI milik Google, pesaing ChatGPT, hanya mengandalkan antarmuka web dan belum memiliki aplikasi khusus.

Saat ini banyak perusahaan teknologi yang berlomba-lomba meluncurkan alat bertenaga AI untuk aplikasi seluler. Meskipun demikian, Apple belum meluncurkan chatbotnya sendiri.

Laporan terbaru dari Bloomberg mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut telah mengujinya secara internal.

Chatbot ini menggunakan kerangka kerja model bahasa besar (LLM) milik Apple yang disebut "Ajax". Sistem ini dijalankan di Google Cloud dan dibangun dengan Google JAX, suatu kerangka kerja yang dibuat untuk mempercepat penelitian dalam bidang pembelajaran mesin.

Walaupun Apple telah mengintegrasikan kecerdasan buatan ke dalam perangkat lunaknya selama beberapa waktu melalui asisten suara Siri yang terkenal.

Namun masih terus berusaha mengembangkan fitur-fitur dan kemampuan AI yang lebih baik, karena masih banyak kritikus yang menyatakan bahwa terdapat ruang untuk peningkatan pada Siri.