Find Us On Social Media :

Kini Chatbot Bing AI Resmi Hadir di Peramban Chrome dan Safari

By Adam Rizal, Sabtu, 29 Juli 2023 | 17:00 WIB

Microsoft Bing ChatGPT

Bing AI yang merupakan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan Microsoft telah tersedia untuk pengguna di browser Chrome dan Safari.

Sebelumnya, Bing AI hanya dapat diakses oleh pengguna Windows 11 dan tidak didukung oleh browser alternatif seperti Chrome dan Safari pada platform lain, seperti Mac dan Chrome OS.

Namun, sekarang, Microsoft telah meluncurkan dukungan untuk Bing AI di semua browser, termasuk Google Chrome dan Apple Safari.

Meskipun tersedia di berbagai browser, pengalaman pengguna di platform selain Windows 11 mungkin berbeda.

Microsoft memperlakukan browser lain sebagai platform sekunder dan memberlakukan beberapa batasan pada versi Bing AI ini.

Misalnya, fitur obrolan dibatasi hingga lima pesan per percakapan, dan jumlah karakter yang dapat dikirimkan juga dibatasi hingga 2.000.

Selain itu, Microsoft menampilkan pop-up "Mulai menjelajah di Edge" ketika pengguna membuka AI Bing.com di Chrome.

Namun, batasan karakter sebesar 2.000 sebenarnya cukup luas, dan fitur lima pesan dalam satu obrolan biasanya sudah mencukupi untuk sebagian besar pertanyaan pengguna. Bagi yang menginginkan pengalaman tanpa batas, Microsoft menyarankan untuk mengunduh Edge atau mencari alternatif lain.

Bing AI awalnya berfungsi sebagai mesin pencari canggih daripada chatbot. Namun, Microsoft sedang mengembangkan fitur baru untuk Bing AI yang disebut "No Search" mode.

Saat ini, Bing AI mencari jawaban di web ketika pengguna mengajukan pertanyaan. Namun, dengan fitur "No Search", Bing akan merespons pengguna dengan menggunakan kemampuan AI-nya, mirip dengan cara kerja ChatGPT, daripada mencari di web untuk mencari jawaban dari berbagai sumber.