Find Us On Social Media :

Hands-on Samsung Galaxy Tab S9+: Tablet Pertama dengan Rating IP68

By Dayu Akbar, Minggu, 30 Juli 2023 | 16:00 WIB

Setelah diluncurkan secara global, Samsung Indonesia langsung memboyong tablet terbarunya yaitu Galaxy Tab S9 Series untuk pasar Indonesia.Samsung Galaxy Tab S9 Series hadir dalam tiga varian yang terdiri dari Samsung Galaxy Tab S9, Samsung Galaxy Tab S9+, dan Samsung Galaxy Tab S9 Ultra. Sesuai urutannya, seri tersebut mulai dari spesifikasi paling rendah hingga tertinggi. Sebagai penanda paling mudah, secara fisik bisa dilihat dari ukuran layarnya, dari yang paling kecil (11 inci) hingga paling besar (14,6 inci). Dan kali ini kami berkesempatan mengulas sedikit tentang seri yang posisinya ada di tengah yaitu Samsung Galaxy Tab S9+.Sebagai generasi yang lebih baru, Samsung sudah menyematkan fitur-fitur unggulan yang lebih menarik dibanding sebelumnya.Desain

Secara dimensi Galaxy Tab S9+ masih menggunakan desain dan dimensi sama dengan generasi sebelumnya yaitu Tab S8+. Punya dua pilihan warna, Graphite dan Beige, namun untuk pasar Indonesia baru warna Graphite yang tersedia. Galaxy Tab S9+ punya ketebalan 5,7mm dan bobot 586 gram yang masih cukup nyaman dipegang dengan satu tangan saat digunakan sebagai tablet.

Yang berbeda, kali ini Samsung sudah dilengkapi dengan rating IP68 untuk ketahanan terhadap air dan debu. Berbeda dengan smartphone, ini menjadikannya sebagai tablet Galaxy S pertama yang memiliki rating tersebut. Dengan rating tersebut, tablet ini bisa bertahan di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama hingga 30 menit.Desainnya masih menampilkan karakteristik desain Galaxy yang ikonik dari smartphone flagship Galaxy S series, seperti tata letak kamera yang menonjol di sisi pojok kiri atas. Bodi belakangnya menggunakan logam halus yang diperkuat dengan bingkai Armor Aluminium untuk menangani benturan dan goresan.Bagian belakang terdapat dua kamera yang terdiri dari kamera wide 13 MP (posisi di bawah) dan kamera ultra wide 8 MP (posisi di atas). Dan bagian depan dilengkapi kamera dengan resolusi 12 MP wide.

Dukungan audio dihadirkan melalui quad speaker yang 20% lebih besar dengan suara dari sistem speaker AKG dan audio imersif Dolby Atmos. Pada sisi samping ditempatkan pula tombol daya dan tombol volume suara.Hadir dengan material yang eco-friendly, Tab S9 Series memiliki lebih banyak variasi bahan daur ulang pada beberapa komponen internal dan eksternal. Galaxy Tab S9+ juga hadir dalam kotak kemasan yang didesain ulang dan kertas yang digunakan untuk kotak kemasan adalah 100 persen kertas daur ulang.Layar

Galaxy Tab S9+ memiliki ukuran 12,4 inci dengan resolusi 1752 x 2800 pixels. Ini jadi pilihan cocok bagi Anda yang merasa ukuran Galaxy Tab S9 11 inci terlalu kecil, atau Galaxy Tab S9 Ultra berukuran 14,6 inci terlalu besar. Meski demikian, Samsung meningkatkan kualitas tampilan layar dengan digunakannya panel Dynamic AMOLED 2X dengan kualitas lebih jernih dan tajam. Untuk daya tahan dari resiko tergores, layarnya sudah terlindung Corning Gorilla Glass.

Fitur lain yang disematkan diantaranya dukungan HDR10+ untuk warna dan kecerahan yang lebih luas. Untuk refresh rate-nya memiliki kecepatan dynamic refresh rate yang secara otomatis mengkalibrasi dari 60 hingga 120Hz untuk menyeimbangkan kemampuan responsif yang mulus dengan efisiensi baterai. Guna memberikan kenyamanan lebih saat digunakan untuk aktivitas seperti menonton, rasio layarnya 16:10. Tidak ketinggalan fitur Eye Comfort guna mengurangi ketegangan mata dengan cahaya biru yang rendah.Layarnya juga mendukung fitur Multi Window yang bisa menjalankan tiga aplikasi yang dapat dijalankan dan ditampilkan secara terorganisir dalam susunan window yang mudah disesuaikan. Spesifikasi

Ketiga Samsung Galaxy Tab S9 Series menggunakan SoC yang sama yaitu Snapdragon 8 Gen 2 Mobile Platform for Galaxy. Khusus untuk Galaxy Tab S9+ pilihan memori terdiri dari kombinasi 12GB+256GB dan 12GB+512GB dengan dukungan microSD hingga 1TB. Sebagai penopang daya, baterainya memiliki kapasitas 10.090 mAh.

Mengantisipasi peningkatan suhu saat kondisi beban tinggi, Galaxy Tab S9+ sudah dilengkapi sistem pendingin berupa vapor chamber internal yang dirancang khusus untuk kebutuhan berintensitas tinggi pada sebuah tablet. Pembuangan panas dua arah yang baru membantu mengaktifkan dan mempertahankan kinerja yang lebih baik pada periode penggunaan yang lebih lama.

Yang tidak kalah menarik, Galaxy Tab S9+ sudah dilengkapi dengan S-Pen yang juga sudah mendapatkan sertifikasi IP68. Untuk mengisi daya, S-Pen bisa ditempelkan pada sisi belakang dekat kamera. S-Pen juga bisa ditempelkan pada bagian atas tablet yang berdekatan dengan tommbol fisik Power dan Volume audio.

Guna mendukung aktivitas yang lebih fleksibel layaknya laptop, Samsung menyediakan aksesori yang dijual terpisah berupa Book Cover Keyboard.  Harga dan Ketersediaan

Galaxy Tab S9 Series tersedia untuk pre-order hingga 17 Agustus 2023 di Samsung.com/id dan mitra Samsung seperti Blibli, Tokopedia, Shopee, Lazada, Eraspace, Akulaku, Tiktok Shop, Dinomarket.

Model yang tersedia yaitu:● Galaxy Tab S9 tersedia pada harga Rp 13.999.000 (8GB/128GB) dan Rp 15.999.000 (12GB/256GB) dalam pilihan warna Beige dan Graphite.● Galaxy Tab S9+ tersedia dengan harga Rp 16.999.000 (12GB/256GB) dan Rp 18.999.000 (12GB/512 GB) dalam warna Graphite.● Galaxy Tab S9 Ultra tersedia pada harga Rp 19.999.000 (12GB/256GB) dan Rp 21.999.000 (12GB/512 GB) dalam warna Graphite.  Selama periode pre-order Galaxy Tab S9 series, konsumen akan mendapatkan penawaran khusus berupa gratis upgrade storage dua kali lipat kapasitas, dan diskon sebesar 50% untuk pembelian Book Cover Keyboard.