Find Us On Social Media :

Gandeng Danamon, Yayasan Ini Integrasikan Edutech dan Perbankan

By Liana Threestayanti, Selasa, 1 Agustus 2023 | 14:00 WIB

Foto (ki-ka): Ganang Eka Kurniawan (Funding Community Danamon Syariah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.); Deden Muhidin, S.pd (Kepala Sekolah Daarut Tauhiid Batam); Ardiansyah Solaiman (New Ventures and Planning Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.); Syarif Hidayat (CEO, PT Indonusa Global Persada (PINTRO)); Dicky Septian Maulana, S.Kom (Wakil Kepala Bidang Sarana Sekolah Daarut Tauhiid Batam).

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”), melalui Unit Usaha Syariah (UUS), mengumumkan kemitraan strategis dengan Yayasan Daarut Tauhiid Rahmatan Lil’ Aalamiin untuk melakukan digitalisasi pendidikan sekaligus meningkatkan literasi digital.

Pada tanggal 23 Juli 2023 lalu, Danamon dan Yayasan Daarut Tauhiid Rahmatan Lil’ Aalamiin menyelenggarakan sosialisasi dan meluncurkan aplikasi digital Rahmatan milik Yayasan Daarut Tauhiid Rahmatan Lil’ Aalamiin dalam Penyediaan Sistem Pembelajaran Siswa untuk Sekolah Daarut Tauhiid Batam. Melalui peluncuran aplikasi digital ini, kedua organisasi memperlihatkan komitmennya dalam transformasi pendidikan melalui digitalisasi.

Dikembangkan bersama mitra digital, yaitu Pintro, aplikasi digital Rahmatan mengusung beberapa fitur andalan yang diharapkan akan memberikan pengalaman pendidikan yang lebih baik dan terintegrasi bagi para santri maupun orang tuanya. Apa saja fitur-fitur aplikasi ini?

Kemampuan belajar-mengajar: Kerja sama ini memperkenalkan digitalisasi pada beberapa kegiatan belajar-mengajar, termasuk pengumpulan tugas online dan pengelolaan jadwal belajar para santri dan informasi status belajar termasuk hafalan Al-Qur’an. Inovasi ini bertujuan mengubah cara santri, orang tua atau wali santri dan guru terlibat dalam proses belajar-mengajar.

Penguatan pengelolaan keuangan: Untuk mempermudah kewajiban keuangan para santri dan orang tua, kerja sama ini menghadirkan fitur perbankan khusus. Fitur ini memungkinkan santri membuka rekening Danamon, membayar uang sekolah melalui virtual account Danamon, merencanakan kebutuhan keuangan untuk pendidikan masa depan, serta menikmati kemudahan top-up pulsa dan e-money, serta beragam layanan lainnya.

Andreas Kurniawan, Chief Digital Officer, PT Bank Danamon Indonesia Tbk., mengatakan bahwa pendekatan ekosistem edutech seperti ini dapat berdampak positif, seperti peningkatan literasi digital dan finansial bagi para santri dan orang tuanya. Selain itu, kehadiran aplikasi digital ini juga diharapkan akan memudahkan proses belajar mengajar bagi santri dan guru, sertamembantu seluruh ekosistem sekolah dalam mengelola kebutuhan finansialnya

“Danamon akan terus menambah kemitraan digital strategis dengan berbagai platform dan merchant sebagai bagian dari upaya untuk memperluas kapabilitas dan ekosistem digital kami,” ujar Andreas Kurniawan. 

Senada dengan Andrew, Gatot Kunta Kumara, ST.MM selaku Ketua Yayasan Daarut Tauhiid Rahmatan Lil ‘Aalamiin dan Sekolah Daarut Tauhiid Batam juga berharap kegiatan belajar mengajar di lingkungan Yayasan Daarut Tauhiid Rahmatan Lil’ Aalamiin bisa menjadi lebih baik tidak hanya untuk santri, tapi juga untuk orang tua dan para pemangku kepentingan. 

“Semoga dengan adanya layanan ini, betul-betul bisa memberikan informasi yang BAL (Benar, Akurat, Lengkap) kepada orang tua, para santri, dan semua pihak yang berkepentingan. Insya Allah, upaya ini kita lakukan agar pendidikan di Yayasan Daarut Tauhiid Rahmatan Lil’ Aalamiin semakin baik, semakin mudah, dan bisa dilakukan secara profesional dan penuh kesungguhan sehingga menjadi amal saleh untuk kita bersama,” imbuh Gatot.

Dalam kesempatan ini, Merci Santi Adriani selaku Syariah Funding Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal kerja sama antara Unit Usaha Syariah Danamon dan Yayasan Daarut Tauhiid Rahmatan Lil’ Aalamiin dalam membantu para santri dan wali santri memegang kendali atas tujuan dan kebutuhan finansial mereka.

“Melalui kerja sama ini, para santri dan wali santri juga dapat memanfaatkan produk-produk Syariah Danamon untuk membantu mengelola kewajiban dan kebutuhan finansial mereka, mulai dari membayar uang sekolah hingga merencanakan pendidikan para santri di masa depan. Tentunya kami menyediakan produk dan layanan Syariah dengan pengelolaan dana yang transparan dan sesuai dengan prinsip-prinsip perbankan Syariah yang mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan menghindari kegiatan spekulatif dalam bertransaksi keuangan agar nasabah dapat tumbuh bersama dengan Danamon,” ujar Merci.

Kerja sama ini juga tak lepas dari visi Danamon untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang untuk Mencapai Kesejahteraan. Danamon melalui Unit Usaha Syariah (UUS) akan membantu nasabah keluarga besar Yayasan Daarut Tauhiid Rahmatan Lil’ Aalamiin untuk tumbuh dan menjadi sejahtera secara berkelanjutan dengan menyediakan informasi, wawasan, dan solusi keuangan tepat waktu yang sesuai dengan kebutuhan mereka, seperti infrastruktur, digital banking, branding, dan sumber daya manusia dan membantu mereka dalam menghadapi berbagai tantangan di setiap tahap kehidupan.