Find Us On Social Media :

Stack Overflow Bakal Luncurkan OverFlow AI, Lebih Ramah Pengguna

By Adam Rizal, Rabu, 2 Agustus 2023 | 15:00 WIB

Stack Overflow

Platform sosial Stack Overflow menghadirkan teknologi AI generatif OverflowAI yang akan memperkaya pengalaman pengguna dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang dunia pemrograman menggunakan teknologi AI.

Stack Overflow akan menguji coba tool pencarian berbasis generative AI yang bersifat conversational.

Pengguna cukup menyampaikan pertanyaan dalam bahasa sehari-hari ke kotak pencarian, dan AI akan memberikan ringkasan jawaban dari database Stack Overflow yang berisikan sekitar 58 juta pertanyaan dan jawaban.

Teknologi AI juga akan hadir di layanan enterprise Stack Overflow for Teams, di mana perusahaan yang berlangganan dapat meminta AI untuk menjawab pertanyaan berdasarkan dokumentasi dan knowledge base internal.

Para pelanggan juga dapat berinteraksi dengan chatbot AI Stack Overflow melalui aplikasi Slack. CEO Stack Overflow Prashanth Chandrasekar mengatakan interaksi manusia di platform ini tidak akan hilang karena pengguna tetap akan berkontribusi dengan konten dan informasi baru.

"Teknologi AI hanya akan menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar yang sering didiskusikan di platform tersebut," ujarnya.

Prashanth menilai kehadiran teknologi AI akan membuat Stack Overflow lebih ramah terhadap pengguna baru.

Pertanyaan-pertanyaan mendasar dapat dijawab oleh AI, menghindari penandaan sebagai pertanyaan duplikat dan penolakan oleh moderator forum.

Sementara untuk pertanyaan-pertanyaan yang lebih kompleks, komunitas ahli di Stack Overflow tetap akan berperan dalam memberikan solusi yang tepat, yang nantinya akan ditambahkan ke database platform untuk membantu pengguna lain yang memiliki permasalahan serupa di masa depan.