Find Us On Social Media :

Kembangkan Chipset Canggih 1,4 nm, TSMC Bangun R&D Rp50 Triliun

By Adam Rizal, Jumat, 4 Agustus 2023 | 13:30 WIB

TSMC

Perusahaan semikonduktor raksasa asal Taiwan TSMC telah membuka Pusat Penelitian dan Pengembangan Global (R&D) terbaru yang fokus pada pengembangan chipset canggih 2nm dan 1,4 nm.

Pusat R&D itu berlokasi di Hsinchu, Taiwan, dan akan diresmikan pada 28 Juli tahun depan sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk terus berinovasi dan memimpin dalam industri pembuatan chip.

Presiden TSMC, Dr. C.C. mengatakan pembangunan pusat R&D adalah bukti komitmen perusahaan untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin global dalam industri semikonduktor.

"Pusat R&R Global ini akan menjadi sarana bagi TSMC untuk mengembangkan teknologi unggulan dalam industri semikonduktor global, termasuk penelitian di bidang teknologi 2nm, 1.4nm, dan eksplorasi material baru serta struktur transistor yang lebih maju," katanya.

Investasi besar telah dilakukan oleh TSMC untuk fasilitas ini, dengan biaya sekitar USS3,3 miliar (sekitar Rp50 triliun) untuk pembangunan dan perlengkapannya.

Meskipun biaya tinggi, perusahaan percaya bahwa investasi ini akan menghasilkan manfaat jangka panjang mengingat perubahan cepat dalam industri semikonduktor.

"Fasilitas ini juga sangat karena akan menciptakan lebih dari 7.000 lapangan kerja," ujarnya.

Dengan berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan melalui pusat R&D baru ini, TSMC menunjukkan komitmennya untuk terus berada di garis depan inovasi dan mempertahankan posisi krusialnya dalam dunia teknologi semikonduktor.