Find Us On Social Media :

Strategi Bisnis AWS Tingkatkan Kemampuan Teknologi AI Generatif

By Adam Rizal, Selasa, 8 Agustus 2023 | 17:30 WIB

Ilustrasi Amazon

Saat ini teknologi sedang berlomba-lomba mengembangkan teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan tak terkecuali Amazon.

CEO Amazon Andy Jassy meminta semua unit bisnis di Amazon Web Services (AWS) mengembangkan teknologi generatif AI. Hal ini diungkapkan saat Jassy menyampaikan laporan pendapatan perusahaan pada kuartal II-2023.

"Amazon memiliki sejumlah infrastruktur dan layanan baru AWS yang mendukung generative AI," katanya.

Amazon Web Services (AWS) meminta setiap divisinya harus memiliki proyek berbasis AI. Nantinya, layanan AI akan diterapkan di berbagai bisnis Amazon, termasuk toko online, layanan AWS, periklanan, dan perangkat lain yang ditawarkan kepada pelanggan.

Amazon meyakini adopsi teknologi AI akan membantu perusahaan menghemat pengeluaran, meningkatkan efisiensi operasional, dan produktivitas karyawan.

Inisiatif AI ini dianggap sebagai inti dari pengalaman pelanggan yang ditawarkan oleh perusahaan di masa depan.

Andy Jassy mengatakan penerapan teknologi AI akan menjadi investasi dan fokus baru bagi Amazon. Amazon mengakui teknologi AI telah membawa perubahan positif dalam berbagai aspek bisnis, termasuk toko online, layanan AWS, bisnis periklanan, dan hiburan.

Beberapa orang meyakini bahwa Amazon akan meningkatkan model bahasa AI, Large Language Model (LLM), pada asisten virtual mereka, Alexa, yang diharapkan akan diluncurkan pada perangkat baru pada bulan September mendatang.

"Inovasi AI sangat penting AI dalam meningkatkan operasional dan layanan perusahaan," ujarnya.

Perusahaan lain, seperti Apple dengan CEO Tim Cook dan Google dengan CEO Sundar Pichai, juga telah menyoroti penggunaan teknologi AI dalam produk dan layanan mereka.

Begitu juga dengan CEO Meta, Mark Zuckerberg, yang berbicara tentang pengembangan produk-produk baru menggunakan model bahasa AI bikinan Meta, LLaMA (Large Language Model Meta AI).