Find Us On Social Media :

Kini Fitur DJ AI Spotify Tersedia di 50 Negara, Untuk Anggota Premium

By Adam Rizal, Kamis, 10 Agustus 2023 | 13:00 WIB

Ilustrasi Aplikasi Spotify.

Akhirnya, Spotify menyebarkan fitur DJ AI Spotify versi beta ke 50 negara di dunia. Sebelumnya, fitur sudah hadir di AS, Kanada, Inggris dan Irlandia. Spotify DJ AI itu tersedia untuk anggota berlangganan premium dan memberikan rekomendasi algoritme tentang apa yang harus didengarkan, sama seperti aplikasi streaming musik lainnya.

"Mulai hari ini, pengguna Spotify Premium di pasar Eropa, Asia, dan Afrika, serta yang di Australia dan Selandia Baru, dapat mengakses DJ dalam versi bahasa Inggris dari aplikasi," tulis perusahaan dalam pengumuman di situs resminya.

DJ Spotify AI merupakan fitur berbasis AI yang memungkinkan Spotify secara otomatis dan terpersonalisasi dapat memilih apa yang harus dimainkan untuk Anda, yang pasti sesuai dengan selera musik Anda.DJ AI Spotify menggabungkan teknologi large language model (LLM) milik OpenAI, yang mendukung ChatGPT, dengan platform pembuatan suara AI Sonantic.

Spotify membeli Sonantic tahun lalu, sebagian besar karena fokusnya menghasilkan ucapan yang realistis. Selain ucapan yang disempurnakan AI, platform ini juga memberikan informasi tertulis mengapa lagu tertentu dipilih.

Alat ini tersedia untuk pengguna Spotify Premium di seluruh dunia, tetapi ini adalah versi beta, jadi diharapkan ada perubahan dan peningkatan dalam jangka pendek dan jangka panjang di masa mendatang. Spotify mengatakan bahwa itu terus diperbaiki dan berinovasi dari pengalaman.

Sejak hadir pertama kali pada Februari lalu, fitur DJ Spotify AI paling banyak dibahas di media sosial di antara pengguna. Jika Anda tidak suka musik yang dikumpulkan oleh DJ, Anda hanya perlu mengetuk tombol DJ di kanan bawah layar untuk menemukan genre, artis, atau suasana hati yang berbeda. Karena DJ masih dalam beta, Spotify masih akan terus berinovasi untuk mengembangkan pengalaman dari waktu ke waktu, dan diluncurkan ke lebih banyak pengguna di seluruh dunia.

"Pada intinya, DJ adalah tentang koneksi dan penemuan. DJ merupakan kombinasi kuat dari teknologi personalisasi kami, AI generatif di tangan para ahli musik kami, dan suara AI yang dinamis memungkinkan untuk mendengarkan merasa lebih pribadi, dan penggemar terus kembali untuk lebih banyak lagi," tambahnya.