Find Us On Social Media :

Kini OpenAI Gratiskan Fitur Berbayar ChatGPT Plus Custom Instructions

By Adam Rizal, Minggu, 13 Agustus 2023 | 11:30 WIB

Ilustrasi ChatGPT.

OpenAI terus meningkatkan platform chatbot artificial intelligence (AI) ChatGPT supaya banyak mendapatkan pengguna baru.

Kali ini OpenAI menggratiskan fitur Custom Instructions yang sebelumnya tersedia untuk pengguna berbayar atau ChatGPT Plus.

Asyiknya, pengguna ChatGPT di Indonesia bisa menggunakan fitur Custom Instructions melalui aplikasi ChatGPT versi 1.0.0031 di perangkat Android.

Fitur Custom Instructions memungkinkan pengguna memberikan instruksi khusus kepada chatbot AI saat menjawab pertanyaan.

Fitur itu memungkinkan pengguna memiliki kontrol lebih dalam mengatur bagaimana ChatGPT merespons.

Instruksi khusus, seperti permintaan untuk menjawab dalam batasan jumlah kata tertentu atau menggunakan bahasa formal, dapat dimasukkan agar pengguna tidak perlu mengetik instruksi yang sama berulang kali.

Melalui aplikasi ChatGPT versi 1.0.0031 di perangkat Android, pengguna di Indonesia dapat mengakses fitur Custom Instructions dengan cara masuk ke "Settings" > "Custom Instructions" > "Continue" > lalu memasukkan instruksi khusus.

Pengguna akan menemukan dua kolom untuk mengisi instruksi khusus. Di kolom pertama, pengguna dapat memberikan informasi tentang diri mereka, seperti pekerjaan, preferensi teknologi, dan lain-lain.

Kolom kedua memungkinkan pengguna memberikan preferensi terkait jawaban yang diinginkan, seperti bahasa formal, bahasa asing tertentu, atau batasan jumlah karakter.

Semua instruksi dan preferensi yang dimasukkan akan membantu ChatGPT menyesuaikan responsnya.

Fitur Custom Instructions sebelumnya dirilis dalam versi beta untuk pengguna berlangganan ChatGPT Plus pada bulan Juli.

Namun, mulai tanggal 10 Agustus, fitur ini tersedia untuk semua pengguna, termasuk pengguna aplikasi ChatGPT di perangkat iOS dan Android.

OpenAI menjelaskan bahwa informasi yang diberikan melalui Custom Instructions akan digunakan untuk melatih model AI mereka agar dapat menyesuaikan respons sesuai instruksi yang berbeda dari pengguna.

OpenAI menyatakan bahwa informasi ini akan membantu meningkatkan kinerja model, sehingga model dapat beradaptasi dengan instruksi pengguna tanpa mengabaikan konteks yang tepat.