Find Us On Social Media :

Akselerasi Digitalisasi UMKM, Google & YouTube Gelontorkan Rp2 Miliar

By Liana Threestayanti, Senin, 14 Agustus 2023 | 14:00 WIB

Bertepatan dengan perayaan Hari UMKM Nasional, Google dan YouTube mengumumkan akan menggelontorkan lebih dari Rp 2 miliar bagi UMKM Indonesia.

Bertepatan dengan perayaan Hari UMKM Nasional di Istana Mangkunegaran, Surakarta (12/8), Google dan YouTube mengumumkan akan menggelontorkan lebih dari Rp 2 miliar bagi usaha kecil dan menengah yang memenuhi syarat dari seluruh Indonesia untuk beragam alat pemasaran digital.

Di samping itu, kedua perusahaan juga mengumumkan kemitraan baru dengan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) dan SMESCO untuk mengadakan lokakarya pelatihan UKM dan kampanye sosial yang disebut #FlexingLokal #BarengGoogledanYouTube. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan dari KemenKopUKM untuk menggalakan tema Hari UMKM Nasional 2023, yaitu “Transformasi UMKM untuk Masa Depan.”

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mengapresiasi Google dan YouTube atas kolaborasinya dalam mendukung program pemerintah untuk mempersiapkan UMKM masuk kedalam ekosistem digital. 

"Saya sangat mengapresiasi bagaimana YouTube dan Google mendukung transformasi digital UMKM di tanah air, salah satunya melalui pelatihan maupun dukungan untuk membantu mengembangkan usaha mereka di online, yang diumumkan hari ini. Saya berharap hal ini mampu mengakselerasi pencapaian target pemerintah 30 juta UMKM masuk ke dalam ekosistem digital, di mana saat ini lebih dari 22 juta UMKM telah onboarding,” kata Menteri Teten. 

Untuk menerima bantuan ini, SMESCO akan memilih pemilik usaha yang dapat mengikuti lokakarya pelatihan UKM. Pelatihan akan berlangsung hingga akhir tahun dan peserta akan belajar mengenai pemasaran digital dan bagaimana membuat aset digital untuk membantu mereka dalam mengembangkan usahanya.

“Sesuai dengan visi pemerintah 2045 untuk membangun ekonomi berkelanjutan, Google telah melatih pemilik usaha kecil selama bertahun-tahun melalui program-program seperti Gapura Digital, Women Will, dan berbagai kemitraan dengan pemerintah,” jelas Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia.

Randy memaparkan bahwa sejak tahun 2017, Google telah melatih lebih dari dua juta pemilik usaha di seluruh Indonesia. “Selaras dengan pemerintah, kami berkomitmen untuk memberikan akses ke peluang yang sama dan berharap dukungan ini akan membantu lebih banyak usaha mengembangkan usaha mereka di online dan menemukan pelanggan baru,” ujarnya.

Dalam inisiatif terbaru untuk meningkatkan keterampilan pendorong ekonomi kreatif ini, kemitraan dengan SMESCO akan berfokus pada empat industri: pariwisata, gaya hidup (F&B dan Fashion), media dan entertainment, juga dengan pengembang game dan aplikasi.

“Selama bertahun-tahun, survei kami menunjukkan bahwa lebih dari 75% peserta Gapura Digital dan Women Will percaya bahwa keterampilan pemasaran digital mereka telah meningkat dan menghasilkan keterlibatan pelanggan yang lebih besar,” tambah Randy Jusuf. 

Ia juga menjelaskan, 73% pemilik bisnis kecil mengatakan YouTube sangat penting bagi pertumbuhan bisnis mereka. “YouTube mendorong ekonomi kreatif Indonesia dengan menyumbang 7,5 triliun rupiah ke PDB negara pada tahun 2021, jadi kami tahu betapa kuatnya platform ini dalam mendorong pertumbuhan ekonomi,” imbuh Randy.

Bertempat di studio rekaman bersejarah Lokananta di Solo, Jawa Tengah, YouTube dan Google menghadirkan beragam pelatihan mulai dari pelatihan seputar digital marketing hingga coaching clinic seputar pembuatan konten dari kreator YouTube ternama seperti Arnold Poernomo, Devina Hermawan. Rangkaian acara ini juga dimeriahkan oleh sederet musisi ternama seperti Felix Irwan dan Tami Aulia.