Find Us On Social Media :

Xbox 360 Store Bakal Ditutup Tahun Depan oleh Microsoft, Ini Alasannya

By Rafki Fachrizal, Jumat, 18 Agustus 2023 | 14:45 WIB

Ilustrasi Konsol Game Xbox 360.

Xbox, brand (merek) konsol game yang dikembangkan dan dimiliki oleh Microsoft, dikabarkan bakal menutup toko online untuk game-game konsol Xbox 360, yaitu Xbox 360 Store. Penutupan itu rencananya dilakukan pada Juli 2024 mendatang.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh CVP Xbox Player Services, Dave McCarthy, dalam sebuah unggahan di blog resmi Xbox.

Menurut Dave, penutupan ini dilatarbelakangi oleh usia konsol Xbox 360 yang sudah tua dan peralihan strategi Microsoft untuk fokus di teknologi terbaru.

Xbox 360 memang sudah cukup lama diluncurkan. Dave dalam unggahannya menuliskan bahwa November tahun ini saja menandai 18 tahun sejak konsol game itu pertama kali diluncurkan Microsoft.

“Banyak yang telah berubah sejak Xbox 360 diluncurkan pada tahun 2005. Teknologi telah berkembang, ekspektasi dari para pemain telah berubah, dan kami fokus untuk menjadikan Xbox Series X|S tempat terbaik untuk bermain sekarang dan di masa mendatang,” tulis Dave.

Lebih lanjut, Dave menjelaskan bahwa mulai 29 Juli 2024, pengguna tak bisa lagi membeli game, konten ekstra (downloadable content/DLC), dan sejumlah konten lainnya yang melibatkan Xbox 360 di konsol atau situs web marketplace.xbox.com.

Meski toko online-nya sudah tak ada lagi, game-game dan konten Xbox 360 yang telah pengguna beli di Xbox 360 Store, masih tetap bisa diakses dan dinikmati.

Konten-konten tersebut tidak hanya masih bisa diakses di Xbox 360, melainkan juga bisa diakses di Xbox One dan Xbox Series X/S, asalkan pengguna masuk (login) menggunakan akun Xbox yang sama.

“Apa yang tidak berubah adalah komitmen kami untuk mempertahankan kemampuan Anda untuk memainkan konten yang telah Anda beli di perangkat pilihan Anda, yang berarti kami berkomitmen untuk mendukung gameplay Xbox 360 di masa mendatang – dan Anda masih dapat bermain dan kembali mengunduh konten yang dibeli sebelumnya dan terhubung dengan teman,” terang Dave.

Ke depannya, mulai 29 Juli 2024, pengguna bakal bisa membeli game dan DLC Xbox 360 lewat situs web Xbox.com (via PC), serta toko online Xbox di konsol Xbox One dan Xbox Series X/S.

Baca Juga: Xbox Wireless Controller Siap Meluncur di Indonesia Juli Mendatang