Find Us On Social Media :

Teknologi AI Generatif Terbaru ini Bikin Google Search Makin Keren

By Adam Rizal, Senin, 21 Agustus 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi Google Search

Google menambahkan fitur AI generatif terbaru Google Search untuk membantu pengguna “mempelajari dan memahami informasi di web dengan lebih baik".

Google memasukkan lebih banyak gambar dan video ke dalam Google Search Experience (SGE) untuk menambahkan konteks dalam hasil pencarian.

"Hari ini kami meningkatkan kemampuan SGE untuk membantu Anda mempelajari dan memahami informasi di web dengan lebih baik," kata Google seperti dikutip Gadgets Now.

Update itu membuat pengguna dapat melihat definisi kata-kata yang telah dihasilkan oleh AI. Misalnya, jika pengguna sedang mencari penjelasan tentang suatu konsep, maka mereka akan menemukan istilah yang tidak dipahami atau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut.

Google akan segera meluncurkan peningkatan respons AI untuk berbagai topik atau pertanyaan terkait sains, ekonomi, sejarah, dan lainnya.

Tak hanya itu, Google juga sedang mengembangkan fitur 'SGE while browsing' di Google Lab. Fitur itu akan tersedia di aplikasi Google di Android dan iOS, dan akan hadir di Chrome di desktop dalam beberapa hari mendatang.

“Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna lebih terlibat dengan konten berdurasi panjang dari publisher dan kreator sehingga mempermudah mereka menemukan apa yang dicari saat menjelajahi web.

Misalnya, pengguna sedang membaca paper tentang beberapa peristiwa kosmik yang merujuk pada peristiwa sejarah yang tidak mereka ketahui. Tapi paper itu dirasa terlalu panjang untuk dibaca.

Fitur baru itu memungkinkan pengguna melihat daftar poin-poin penting yang dibuat oleh AI mencakup artikel.

Perlu dicatat bahwa "SGE while browsing" dirancang untuk menampilkan poin-poin penting yang dihasilkan AI hanya pada artikel yang tersedia secara bebas untuk umum di website.