Find Us On Social Media :

Oppo Rajai Pasar Smartphone di Indonesia, HP Infinix Paling Laris

By Adam Rizal, Jumat, 25 Agustus 2023 | 17:00 WIB

Kamera OPPO Reno10 Pro+ 5G

Firma riset Counterpoint melaporkan pengiriman HP turun 10 persen YoY pada periode April hingga Juni ini, dibanding dengan tahun sebelumnya. Oppo merajai pasar smartphone di Indonesia dengan pangsa pasar 21 persen.

HP Oppo A17 memberikan kontribusi terbesar dalam penjualan Oppo di Indonesia. Belum lagi, penjualan HP Reno8 T dan Find N2 Flip juga mendapatkan sambutan positif dari pasar.

Oppo juga gencar menggelar kampanye dan promo-promo untuk menarik pembeli dalam periode tersebut.

Di bawah Oppo, ada Samsung dengan pangsa pasar 19 persen. Samsung Galaxy A04 memberikan kontribusi terbesar dalam penjualan HP Samsung di Indonesia.

Di urutan ketiga, ada Vivo dengan pangsa pasar 17 persen. Disusul Xiaomi dengan pangsa pasar 15 persen dan Realme dengan pangsa pasar 11 persen. Terakhir, Infinix sukses masuk enam besar dengan pangsa pasar 10 persen.

Di antara merek HP teratas, hanya Infinix yang mengalami peningkatan pengiriman sebesar 17 persen YoY.

Infinix kini berfokus pada band harga kurang dari US$200 (Rp 3juta), dan menawarkan spesifikasi yang lebih baik dalam modelnya.

Infinix juga agresif melakukan aktivitas pemasarannya untuk meningkatkan kesadaran dan visibilitas merek tersebut.

Infinix seri Note 30, seri Hot 30, dan seri Smart 7, memberikan kontribusi volume yang signifikan terhadap keseluruhan pengiriman merek tersebut.

Vendor smartphone utama di segmen ini termasuk Samsung dengan seri Galaxy A14 5G, A23 5G dan A34 5G dan Xiaomi dengan seri Redmi Note 12. Seri iQOO Z7 5G menjadi pendatang baru juga bergabung di segmen ini.