Find Us On Social Media :

Fitur Pencarian di Tokopedia Ternyata Didukung Machine Learning

By Rafki Fachrizal, Rabu, 30 Agustus 2023 | 21:15 WIB

Ilustrasi Aplikasi Tokopedia.

Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pengalaman belanja online yang terbaik sekaligus membantu meningkatkan daya saing pelaku usaha, Tokopedia memiliki fitur Pencarian pada aplikasi Tokopedia yang didukung dengan teknologi ML (machine learning).

“Machine learning–bagian dari artificial intelligence atau AI–selalu diusung di setiap inisiatif Tokopedia, salah satunya untuk membantu masyarakat menemukan toko maupun produk yang relevan dengan kebutuhan mereka,” jelas Product Manager Senior Lead Tokopedia, Hefrian Syah.

Tokopedia juga memiliki Filter Widget yang membuat pengalaman pencarian produk makin mudah. Pembeli secara lebih spesifik bisa mencari produk berdasarkan berbagai kriteria, mulai dari jenis, harga, lokasi, durasi pengiriman hingga warna produk.

“Praktiknya, misal pembeli yang mencari kemeja dapat menentukan ukuran dari pakaian yang ingin ditampilkan di halaman pencarian, sehingga pembeli tidak harus menanyakan kesediaan ukuran kemeja pada setiap toko,” kata Hefrian.

Fitur ini juga membuat toko atau produk penjual lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. Sebagai contoh, produk penjual yang terdekat dengan daerah pembeli akan ditampilkan di kolom teratas pembeli yang bersangkutan.

Di sisi lain, melalui inovasi tampilan Product Carousel, pembeli dapat dengan mudah melihat produk-produk yang direkomendasikan di Tokopedia, sesuai dengan kategori produk dan kriteria yang ditentukan.

Beberapa kriteria tersebut adalah penjual di lokasi terdekat dengan pembeli, produk dengan promo menarik, serta toko pilihan yang menjual produk serupa.

“Fitur Product Carousel juga dapat membantu penjual meningkatkan engagement dengan calon pembeli sekaligus mendorong pembeli menjadi loyal customer toko tersebut. Pasalnya, apabila pembeli sebelumnya telah berbelanja di toko penjual, Tokopedia akan merekomendasikan toko penjual kepada pembeli yang mencari produk untuk dibeli ulang,” ujar Hefrian. 

Di sisi lain, Hefrian juga mengatakan bahwa momen pandemi lalu sangat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah pebisnis baru di Tokopedia.

Terbukti dari kenaikan jumlah penjual di Tokopedia sebanyak hampir 7 juta di 2023 dibandingkan 2020 lalu.

“Melihat hal ini, kami akan terus mengembangkan fitur-fitur yang bisa mempermudah penjual memasarkan produk, sekaligus memberikan akses kepada pembeli di seluruh wilayah di Indonesia untuk mendapatkan produk yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan,” pungkas Hefrian.

Baca Juga: Tokopedia: 3/4 Transaksi Antarpulau Pakai Fitur Bebas Ongkir