Find Us On Social Media :

Alibaba Cloud Raih Predikat Leader Sebagai Penyedia Platform FaaS

By Liana Threestayanti, Jumat, 1 September 2023 | 16:30 WIB

Alibaba Cloud berhasil meraih posisi Leader dalam The Forrester Wave™: Functions-As-A-Service Platforms, untuk Q2 2023.

Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan kecerdasan dari Alibaba Group, berhasil meraih posisi Leader dalam The Forrester Wave™: Functions-As-A-Service Platforms, untuk Q2 2023.

Dalam laporan tersebut, Forrester menyebutkan bahwa platform Functions-As-A-Service (FaaS) harus memberikan pengalaman kelas dunia kepada para pengembang, menyediakan kemampuan keamanan yang kuat, dan memungkinkan use case sehari-hari dengan tingkat portabilitas yang lebih baik. 

Vendor-vendor yang berada di dalam Wave, termasuk Function Compute dari Alibaba Cloud, telah dievaluasi berdasarkan 40 kriteria. Kriteria-kriteria tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kategori besar, yaitu “Current Offering (Penawaran Saat Ini)”, “Strategi”, dan “Market Presence (Keberadaan di Pasar)”.

Teknologi Function Compute memperoleh nilai tertinggi dengan jumlah 26 dari 40 kriteria dalam penelitian independen. Nilai tertinggi (4,43 dari 5.00) diraih Alibaba Cloud pada kategori “Current Offering”.

Fitur-fitur utama Function Compute yang dicatat dalam laporan tersebut, di antaranya kemampuan bawaan (built-in) konfigurasi visual autoscaling, model penetapan harga granular, strategi adopsi pengguna, dan penekanan pada dukungan komunitas open source. Laporan Forrester juga menyebutkan kemampuan Function Compute untuk mengakomodasi use case berbasis web, workload berbasis konten (content-centric), dan portabilitas di seluruh lingkungan hybrid.

"Seiring dengan peranan digitalisasi di dalam dunia bisnis, kemampuan untuk membangun aplikasi serverless dengan lancar akan semakin penting. Menurut kami, usaha kami di dalam mendukung perusahaan dan komunitas pengembang dengan platform FaaS yang aman dan fleksibel telah diakui dalam evaluasi Forrester terbaru ini, dan kami percaya hal ini mencerminkan kemajuan yang kami buat. Kami akan terus berinvestasi dalam mengembangkan kemampuan kami dan berinovasi melalui cara-cara baru untuk melampaui batas-batas yang ditawarkan produk tanpa server kami," kata Jiangwei Jiang, Senior Researcher and General Manager of Infrastructure Products, Alibaba Cloud Intelligence.

Function Compute dari Alibaba Cloud adalah layanan komputasi yang event-drive dan terkelola sepenuhnya sehingga meringankan pengguna dalam hal pengelolaan infrastruktur. Sebagai layanan “as-a-service”, Function Compute disebut Alibaba Cloud akan menyederhanakan pengalaman komputasi, memungkinkan pengembangan dan iterasi business logic dan core code dengan lebih cepat. 

Salah satu pengguna Function Compute adalah HEROZ, perusahaan asal Jepang, penyedia solusi artificial intelligence (AI) untuk berbagai sektor yang mencari solusi untuk menurunkan biaya operasi dan pemeliharaan (O&M), serta mengelola periode puncak traffic komputasi dan periode lainnya dengan lebih baik. HEROZ mengadopsi Function Compute untuk meningkatkan stabilitas komputasi, meningkatkan pengalaman pengguna sekaligus mengurangi gejolak, dan menurunkan biaya O&M.

Alibaba Cloud juga baru-baru ini memperkenalkan program uji coba gratis Function Compute selama 3 bulan.

Baca juga: Layanan AI Alibaba Cloud Raih Predikat “Challenger” dalam Gartner Magic Quadrant

Baca juga: Huawei CXO Camp Godok Kontribusi Penting Bagi Ekonomi Digital RI