Find Us On Social Media :

Butuh Duit, Kini X Terima Iklan Politik Berbayar dengan Syarat ini

By Adam Rizal, Sabtu, 2 September 2023 | 09:00 WIB

Twitter X

Akhirnya pemilik X yang dulu bernama Twitter Elon Musk mengizinkan platformnya menerima dan menampilkan iklan politik berbayar. Sebelumnya, Twitter telah melarang adanya iklan politik berbayar selama 4 tahun terakhir ini.

Selain butuh pemasukkan tambahan, X memperbolehkan iklan politik sebagai bagian dari upayanya menjunjung kebebasan berekspresi. Apalagi, penjualan iklan X di AS turun sebesar 59 persen dari tahun ke tahun.

Kehadiran iklan politik pada platform medsos X juga akan meningkatkan kesadaran tentang pendaftaran pemilih.

Tentunya X mengharus iklan politik yang tayang sesuai dengan kebijakan perusahaan termasuk promosi konten harus asli dan tidak menyesatkan serta tidak melemahkan kepercayaan publik terhadap pemilu.

X juga akan melakukan proses penyaringan yang kuat bahwa hanya kelompok dan kampanye yang memenuhi syarat yang dapat beriklan seperti dikutip Tech Crunch.

X berkomitmen akan menjadi tuan rumah pusat transparansi periklanan global yang dapat diakses oleh siapa saja yang ingin meninjau postingan politik yang dipromosikan di X.

Dukung Panggilan Audio dan Video

Elon Musk menginformasikan bahwa platform X akan segera mendukung panggilan audio dan video. Pengguna dapat terhubung melalui kontak mereka tanpa perlu membagikan nomor telepon.

X memastikan fitur panggilan video dan audio akan hadir di X untuk semua pengguna, termasuk pengguna iOS, Android, dan desktop.

“Panggilan video & audio akan datang ke X: Bekerja di iOS, Android, Mac & PC, Tidak perlu nomor telepon, X adalah buku alamat global yang efektif. Serangkaian faktor tersebut unik”, kata Elon Musk di akun X pribadinya.

Fitur baru itu akan tersedia di menu Direct Message (DM), dan opsi panggilan video akan terletak di pojok kanan atas. Desain menu DM baru ini akan mirip dengan platform lain, seperti Facebook Messenger dan WhatsApp.

Selain perubahan tersebut, Musk juga memperkenalkan fitur jaringan profesional baru yang disebut "Hirings".

Fitur ini mirip dengan LinkedIn dan bertujuan untuk menyederhanakan proses perekrutan kerja dengan menyediakan ruang terverifikasi bagi pencari kerja dan pemberi kerja.

Baca Juga: Kini X Dukung Fitur Baru Panggilan Video dan Video Berdurasi Panjang

Baca Juga: Demi Kebebasan Berbicara, Elon Musk Hapus Fitur Memblokir Akun di X