Find Us On Social Media :

Wujudkan Smart City, IKN Nusantara Bakal Punya Teknologi AI

By Adam Rizal, Sabtu, 2 September 2023 | 09:30 WIB

Ilustrasi smart city

Teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan atau akan menghiasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital IKN Mohammed Ali Berawi mengatakan IKN Nusantara akan mengoperasikan kendaraan listrik otonom, mentoring titik panas padangutan dan sensor kelembaban.

"Kecerdasan buatan di Ibu Kota Nusantara dapat dimanfaatkan pada domain kota cerdas," ujar Ali seperti dilansir Antara.

Ali juga mengatakan terkait surat edaran Kepala Otorita IKN mengenai Pedoman Bangunan Gedung Cerdas berikut juga penyampaian potensi investasi kota cerdas dalam sektor infrastruktur dan superapps.

Sementara itu Ketua Umum Kolaborasi untuk Percepatan Inovasi Kecerdasan Artifisial Indonesia (Korika) Hammam Riza mengharapkan teknologi AI akan membantu manusia dalam kebaikannya untuk meningkatkan produktivitas dan meningkatkan efisiensi kita bekerja dengan lebih kreatif dan andal.

"Selain kita, AI diharapkan membawa kita menuju kepada tahapan ekonomi dan kesejahteraan yang menyeluruh,” ujar Hammam Riza.

Seperti diketahui, konsep kota cerdas telah dipertimbangkan sebagai elemen menyeluruh dalam menegaskan pembangunan IKN sebagai Ibu Kota baru Indonesia yang dinamis, inklusif, didukung oleh masyarakat, serta siap menghadapi masa depan.

Komponen kota cerdas dalam Rencana Induk IKN ini mengidentifikasi elemen nilai tambah digital atau teknologi untuk memberikan manfaat yang lebih besar pada IKN secara keseluruhan.

Baca Juga: Waspada! Chatbot AI Dapat Bikin Program Jahat dan Memanipulasi Data

Baca Juga: Alasan Chatbot Claude 2 AI Tawarkan Kemampuan Lebih Baik dari ChatGPT