Find Us On Social Media :

Realme Tersingkir, Ini Daftar Lima Pabrikan HP Terbesar di Indonesia

By Adam Rizal, Rabu, 6 September 2023 | 11:30 WIB

realme 11 Pro+ 5G

Firma riset Canalys mengungkapkan daftar 5 vendor smartphone terbesar di Indonesia pada kuartal II-2023. Hasilnya, Oppo berhasil menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia menggeser Samsung.

Di bawah Oppo, ada Samsung, Vivo, Xiaomi dan Transsion atau Infinix yang melengkapi daftar lima besar pabrikan HP terbesar di Indonesia pada kuartal II-2023. Ironisnya, realme harus terdepak walaupun sudah menghasilkan smartphone murah di Indonesia.

Kampanye masif dan model-model HP murah berkualitas Infinix sukses menggeser realme dari lima besar pabrikan HP di Indonesia. Kini Transsion menguasai pangsa pasar HP di Indonesia sebesar 13 persen.

Pada kuartal awal 2023, Realme tercatat membukukan pangsa pasar 12 persen di Indonesia, sebagaimana laporan pengiriman smartphone di Asia Tenggara kuartal I-2023 yang dirilis Canalys 24 Mei lalu.

Canalys tak merinci berapa pangsa pasar Realme pada kuartal II-2023 dan penyebab lengsernya Realme dari daftar lima besar vendor smartphone Indonesia.

Pengiriman smartphone di Indonesia sebesar 8 juta unit pada kuartal II-2023, turun 8 persen dibanding periode yang sama 2022 sebesar 9,1 juta.

Perlu dicatat, riset pasar smartphone Indonesia kuartal II-2023 dari Canalys ini menggunakan metode penghitungan ponsel berdasarkan pengiriman sell-in.

Metode ini menghitung berapa banyak sebenarnya smartphone yang dikirimkan vendor ke distributor atau toko-toko yang ada di pasaran dalam periode tertentu.

Sekadar informasi, ada pula metode penghitungan riset lain, yakni sell-out. Berbeda dengan sell-in, sell-out akan menghitung unit smartphone yang sudah dibeli konsumen dari para distributor atau toko yang menjual ponsel tersebut.

Artinya, riset Canalys dengan metode sell-in, bisa dibilang belum bisa merefleksikan berapa banyak unit smartphone yang sudah ada di tangan konsumen atau sudah terjual di Indonesia pada kuartal II-2023.

Baca Juga: Ini Fakta Menarik realme 11, Spek Mumpuni dan Harga Terjangkau

Baca Juga: Fakta Menarik Realme GT5, Punya RAM 24 GB dan Fast Charging 240W