Find Us On Social Media :

Tokopedia Rilis Fitur Baru ‘Dipromosikan Affiliate’ untuk Toko Online

By Rafki Fachrizal, Rabu, 6 September 2023 | 17:00 WIB

Fitur

Di era social commerce, masyarakat cenderung mencari inspirasi sambil belanja atau sebaliknya.

Era ini menjadi peluang bagi pelaku usaha di Indonesia, termasuk UMKM, untuk menghadirkan pengalaman belanja yang lebih interaktif dan relevan bagi konsumen.

Hal ini melatarbelakangi Tokopedia menghadirkan inisiatif Tokopedia Affiliate di awal tahun 2022 lalu.

“Tokopedia Affiliate mempermudah siapa pun menjadi influencer dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk atau toko di Tokopedia melalui link afiliasi yang bisa dibagikan lewat konten media sosial. Tokopedia Affiliate di sisi lain bisa memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran pelaku usaha menjadi lebih interaktif dan menarik,” kata Associate Vice President of Content Marketing Platform Tokopedia, Nirmala Hapsari.

Pengguna Tokopedia Affiliate (disebut Affiliate) bisa meraih komisi hingga 10% setiap produk berhasil terjual dari link afiliasi yang mereka bagikan.

Ada juga komisi tambahan Rp10 untuk setiap kunjungan tervalidasi (page visits) ke halaman produk atau toko yang dipromosikan Affiliate.

“Siapa pun dengan media sosial yang aktif–tanpa minimal jumlah followers–bisa mendaftar sebagai Affiliate. Inisiatif Tokopedia Affiliate sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan (Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu masyarakat menciptakan peluang tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia,” jelas Nirmala.

Kehadiran Tokopedia Affiliate disambut positif oleh masyarakat. Terbukti dari jumlah Affiliate yang naik hampir 16 kali lipat pada Juni 2023, dibandingkan dengan akhir bulan pertama saat Tokopedia Affiliate diluncurkan.

Selain mempermudah masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan, Tokopedia melalui inisiatif Tokopedia Affiliate juga berupaya membantu tumbuh kembang bisnis para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM.

“Untuk memaksimalkan dampak Tokopedia Affiliate bagi masyarakat termasuk pelaku UMKM, kami meluncurkan fitur Dipromosikan Affiliate. Fitur ini memungkinkan penjual yang memenuhi kriteria untuk menawarkan komisi tambahan hingga 20% kepada Affiliate. Jadi, Affiliate dapat memperoleh penghasilan tambahan yang makin tinggi, sedangkan produk atau toko pelaku usaha bisa makin laris manis,” kata Nirmala. 

Fitur ini berkontribusi positif terhadap bisnis para pelaku usaha. Pada kuartal II 2023, penjual yang memakai fitur ‘Dipromosikan Affiliate’ di Tokopedia mengalami peningkatan kunjungan halaman produk rata-rata hampir 4 kali lipat, dibandingkan penjual yang belum memakai fitur tersebut.

Baca Juga: Fitur Pencarian di Tokopedia Ternyata Didukung Machine Learning

Baca Juga: Bisa Jadi Ide Jualan Online, Ini Produk Paling Dicari di Tokopedia