Find Us On Social Media :

GlobalData: 6 LLM Paling Banyak Disebut Netizen, ChatGPT Nomor Satu

By Liana Threestayanti, Jumat, 8 September 2023 | 18:43 WIB

LLM

Salah satu topik yang hangat dibicarakan di jagat maya saat ini adalah artificial intelligence (AI), terutama ChatGPT

Sebagai large language model (LLM), ChatGPT pun ternyata menjadi yang terdepan dalam hal share of voice di platform seperti Twitter dan Reddit. Di antara tujuh LLM terpopuler 2023, ChatGPT meraih 89,9% share of voice selama periode 1 Januari hingga 22 Agustus 2023, menurut data dari Social Media Analytics Platform, GlobalData.

Apa sih yang didiskusikan pengguna internet mengenai LLM? Smitarani Tripathy, Social Media Analyst dari GlobalData, menjelaskan bahwa diskusi-diskusi di jagat maya  ini menggali berbagai aspek, mulai dari peran AI dalam menyamai bahasa manusia hingga kekhawatiran mengenai misinformasi dan perlunya pengawasan etika. 

“Analisis mendalam ini menyoroti wacana yang berkembang seputar pengaruh AI terhadap komunikasi dan kreativitas,” Smitarani Tripathy menambahkan.

LLM lain yang paling banyak diperbincangkan adalah Bard (5,7%), LLaMA (1,6%), Claude (1,1%), PaLM (0,8%), BERT (0,5%) dan LaMDA (0,4%). Jika dilihat persentasenya, Bard terpaut sangat jauh dari ChatGPT.

Tripathy lebih jauh menjelaskan bahwa salah satu topik yang paling banyak didiskusikan adalah halusinasi atau pemalsuan informasi. “Para influencer Twitter berpendapat bahwa tool AI ini dirancang untuk mendekati bahasa manusia, bukan kebenaran, dan seringkali berisi separuh kebenaran, detail yang salah diingat, dan plagiarisme, sehingga membingungkan pengguna dan menimbulkan pertanyaan mengenai akurasi dan keandalan AI,” jelasnya.

Para influencer juga menyoroti perlunya pengawasan etika, pengecekan fakta, dan masukan dari ilmuwan sosial dan ahli etika untuk menyelaraskan sistem AI dengan nilai-nilai kemanusiaan. Sementara itu, beberapa influencer berpendapat bahwa halusinasi dalam AI dapat mendorong kreativitas dan pemahaman percakapan manusia.

Khususnya mengenai ChatGPT di media sosial, pembicaraan pengguna internet berfokus pada ragam kemampuan chatbot AI ini, seperti kemampuan analisis data, sintesa tinjauan literatur, dan membuat ringkasn serta kode. 

Peluncuran aplikasi ChatGPT iOS gratis pada Mei 2023 menyulut kegembiraan di seluruh platform dan mendapat sentimen positif dari pengguna internet karena sifat aplikasi yang saling melengkapi dan setara dengan fitur ChatGPT di web.

Lantas apa komentar netizen mengenai Bard? Chatbot yang dikembangkan Google ini sempat mendapat reaksi keras di media sosial karena membuat kesalahan faktual dalam live demo perdananya pada bulan Februari 2023. Influencer Twitter menyoroti masalah halusinasi yang terkait dengan tool ini  dan kerentanan AI Bard dibandingkan dengan sistem AI lainnya.

Sementara LLaMA yang dikembangkan oleh Meta Inc. menjadi LLM ketiga yang paling banyak disebutkan di antara diskusi media sosial pada tahun 2023. Peluncuran LLaMA-2 mendapat sambutan yang positif terutama karena ini adalah LLM sumber terbuka, yang dapat digunakan secara bebas untuk tujuan komersial dan penelitian, sehingga dipandang akan memacu kemajuan AI yang lebih jauh.

Smitarani Tripathy menyimpulkan, “Di tengah lanskap AI, kehadiran ChatGPT yang menonjol dalam diskusi media sosial menjadi bukti atas makna dan dampaknya. Percakapan yang beragam ini menyoroti peran AI yang beragam, tantangannya, dan perspektif influencer yang terus berkembang.”

Ia menekankan bahwa diskusi-diskusi di jagat maya ini menjadi sebuah titik temu antara teknologi dan kepentingan manusia, menggarisbawahi perlunya pengembangan (AI) yang bertanggung jawab dan dialog yang terinformasi.