Find Us On Social Media :

Gandeng ZTE, XL Axiata Siap Implementasi Jaringan 5G Berbasis SRv6

By Liana Threestayanti, Sabtu, 16 September 2023 | 20:44 WIB

ZTE Corporation dan PT XL Axiata berhasil menguji solusi MPLS dan Segment Routing IPv6 (SRv6), dan memulai implementasi SRv6 pada jaringan yang sudah ada. 

Melalui implementasi ini, ZTE mendukung XL Axiata dalam membangun jaringan transportasi berorientasi 5G dengan kualitas tinggi, sekaligus menjadi operator konvergensi terdepan dengan peningkatan SRv6.

Seperti diketahui, seiring dengan komersialisasi global 5G yang terus berkembang, XL Axiata telah memulai pengembangan jaringan 5G sejak kuartal ketiga tahun 2021. Saat ini operator pertama di Indonesia yang memperkenalkan layanan konvergensi atau Fixed Mobile Convergence (FMC) kepada masyarakat Indonesia sejak tahun 2021 ini memperkenalkan solusi SRv6 end-to-end baru untuk mewujudkan digitalisasi jaringan secara menyeluruh serta mendorong evolusi menuju jaringan 5G yang lebih maju.

Dalam kerjasama ini, ZTE menyediakan perangkat seri ZXCTN 6000 dan ZXR10 M6000-2S sebagai pendukung solusi SRv6 end-to-end, dilengkapi dengan kemampuan pengiriman yang teruji dan dapat diandalkan. 

Ditenagai chipset inti berkinerja tinggi buatan sendiri, menurut keterangan ZTE, perangkat ini dilengkapi dengan inovasi SRv6/SDN/intelligent network slicing untuk mendukung EVPN dan SRv6 Flex Algo. Dengan kemampuan ini, XL Axiata dapat memenuhi kebutuhan akan kapasitas besar, latensi rendah, dan slicing dari jaringan 5G. 

Selain itu, ZTE menyediakan ZENIC ONE untuk mendukung otomatisasi jaringan dan evolusi kecerdasan. Dalam keterangan pers, ZTE menyatakan memberikan jaminan project delivery dengan tingkat efisiensi yang tinggi, dan site delivery yang disesuaikan dengan penyebaran kabel serat optik sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. 

ZTE menyatakan akan terus menjalin kerja sama yang mendalam dengan XL Axiata dan mendukung akselerasi penyebaran komersial skala besar solusi SRv6 di jaringan yang telah ada. Kedua perusahaan berkomitmen untuk membangun jaringan transportasi 5G yang lebih cerdas dan andal untuk mendukung transformasi digital dan memberikan layanan konvergensi terbaik kepada pelanggan XL Axiata.