Find Us On Social Media :

Apple Pamerkan Kemampuan Teknologi AI pada Smartwatch Terbaru

By Adam Rizal, Jumat, 15 September 2023 | 11:30 WIB

Apple Watch Ultra 2

Apple memang berbeda dengan perusahaan raksasa teknologi lainnya seperti Google dan Microsoft yang lantang menyuarakan dan memamerkan inovasi teknologi artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatannya.

Padahal, Apple telah mengembangkan AI jauh-jauh hari. Bahkan, CEO Apple Tim Cook mengatakan AI adalah DNA-nya Apple atau inti dari inovasi pengembangan produk-produk Apple.

Baru-baru ini Apple juga ikut mengintegrasikan teknologi AI ke dalam iPhone 15 series dan Apple Watch yang mencakup desain semikonduktor untuk menggerakkan fitur AI terbaru.

Fitur AI Apple Watch terbaru mampu meningkatkan fungsi dasar seperti menerima panggilan atau mengambil foto yang lebih baik. Apple merancang smartwatch Apple Watch 9 dengan chip terbaru yang mencakup kemampuan pengolahan data yang ditingkatkan, terutama menambahkan "Neural Engine" empat inti yang dapat mengolah tugas pembelajaran mesin hingga dua kali lebih cepat.

Apple menggambarkan Neural Engine adalah blok bangunan untuk chip mereka yang mempercepat fungsi AI. Komponen AI dari chip jam tangan membuat Siri, asisten suara Apple, menjadi 25 persen lebih akurat.

Chip itu juga memungkinkan pengguna dapat "mengetuk dua kali" dengan meremas dengan jari tangan yang memakai jam tangan mereka untuk melakukan hal-hal seperti menjawab atau mengakhiri panggilan telepon, menghentikan musik, atau meluncurkan informasi lain seperti cuaca.

Tujuannya adalah memberikan cara bagi orang untuk mengendalikan Apple Watch ketika tangan mereka yang tidak memakai jam tangan sibuk memegang cangkir kopi atau berjalan-jalan dengan anjing.

Apple jauh dari satu-satunya pembuat smartphone yang menambahkan AI ke perangkat keras mereka. Misalnya, ponsel Google Pixel memungkinkan pengguna menghapus orang atau objek yang tidak diinginkan dari gambar.

Baca Juga: Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi Lengkap dan Harga iPhone 15 Series

Baca Juga: Kapan iPhone 15 Series Meluncur di Indonesia, Ini Prediksinya