Find Us On Social Media :

airasia Digital Umumkan Pergantian Nama Menjadi Move Digital

By Rafki Fachrizal, Selasa, 19 September 2023 | 11:15 WIB

Tony Fernandes, Executive Chairman MOVE.

Capital A, induk perusahaan dari maskapai penerbangan AirAsia, mengumumkan perubahan nama airasia Digital menjadi Move Digital (MOVE).

Rebranding ini diumumkan perusahaan dalam konferensi pers yang di gelar di Dadi Cinema, Kuala Lumpur, Malaysia, pada Senin (18/9/2023). InfoKomputer pun menjadi salah media dari Indonesia yang hadir dalam acara tersebut.

Pembaruan nama ini menandai babak baru untuk fase pertumbuhan perusahaan selanjutnya melalui kedua entitas bisnis, yakni airasia Superapp dan BigPay.

Sebagai bagian dari rebranding ini, platform perjalanan di bawah MOVE, yaitu airasia Superapp juga akan berganti nama menjadi ‘airasia move’.

Tony Fernandes yang merupakan pendiri AirAsia dan CEO Capital A, akan berperan sebagai Executive Chairman MOVE.

“Peran saya sebagai Executive Chairman MOVE adalah mendorong sinergi antara kedua entitas bisnis tersebut (AirAsia Superapp dan BigPay). Transformasi ini diharapkan dapat semakin memperkaya pengalaman pengguna, serta menyediakan lebih banyak fitur integrasi BigPay di dalam aplikasi airasia Superapp (kini airasia move) sesegera mungkin,” jelas Tony.

Dalam konferensi pers, Tony juga mengumumkan penunjukkan Nadia Omer sebagai Chief Executive Officer airasia move, efektif per 26 Oktober 2023.

Nadia akan memiliki fokus utama untuk mengedepankan visi airasia move sebagai platform perjalanan berbiaya rendah dengan konversi tinggi, sembari berkolaborasi erat bersama BigPay yang dipimpin oleh Zubin Rada Krishnan (Acting CEO BigPay).

“Sementara Mohamad Hafidz (Mo) yang saat ini menjabat sebagai Acting CEO airasia Superapp, akan terus memimpin bisnis dalam jangka waktu sementara. Dan saya ingin menyampaikan terima kasih kepada beliau atas kontribusinya selama beberapa bulan terakhir,” tutur Tony.

Dalam dua tahun belakangan, airasia Superapp (kini airasia move) telah berkembang menjadi platform perjalanan satu atap yang menawarkan nilai dan kenyamanan sejumlah layanan terintegrasi dari hulu ke hilir, seperti pembelian tiket pesawat, pemesanan hotel, pesan-antar makanan, dan layanan lainnya.

Sementara BigPay telah membuktikan diri sebagai pemain fintech (financial technology) inovatif yang mendukung kehidupan masyarakat di Asia Tenggara melalui peningkatan manajemen finansial.

Menurut data internal Capital A, kedua bisnis digital itu juga telah menghasilkan langkah signifikan. airasia Superapp mencatat jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active users) tertinggi sebesar 15 juta pada akhir kuartal kedua.

Sedangkan pertumbuhan pengguna kartu BigPay mencapai hingga 16% YoY (year-over-year) pada periode yang sama.

Baca Juga: Taksi Online airasia ride Hadirkan Promo Flat Rp5 Ribu di Wilayah Bali