Find Us On Social Media :

AMD EPYC 8004 Series, Prosesor Efisien dan Kencang untuk Data Center

By Dayu Akbar, Selasa, 19 September 2023 | 16:15 WIB

Melengkapi jajaran prosesor EPYC Generasi Keempat-nya, AMD mengumumkan ketersediaan prosesor AMD EPYC 8004 Series terbaru. Prosesor ini menghadirkan core “Zen 4c” ke dalam CPU yang dirancang khusus, memungkinkan penyedia hardware untuk menciptakan platform yang hemat energi dan terdiferensiasi yang dapat mendukung aplikasi dari sisi kecerdasan, seperti ritel, manufaktur, dan telco, hingga ke data center untuk layanan cloud, penyimpanan dan lainnya.“Prosesor EPYC 8004 Series yang baru memperluas kepemimpinan AMD dalam platform soket tunggal dengan menawarkan efisiensi energi CPU yang sangat baik dalam paket yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur dengan ruang dan daya terbatas,” kata Dan McNamara, senior vice president and general manager, Server Business, AMD. AMD EPYC 8004 Series menawarkan efisiensi energi luar biasa untuk Intelligent Edge dengan memanfaatkan core “Zen 4c”. Core yang efisien dan soket SP6 baru tersebut menghadirkan fitur memori dan I/O yang efisien sehingga dapat memberikan keunggulan kinerja SPECpower per watt sistem hingga 2x lebih baik dibandingkan dengan model jaringan teratas dari kompetitor.  Dalam industri yang menuntut kemampuan performa per watt terbaik untuk lingkungan terbatas dengan ruang dan infrastruktur, prosesor AMD EPYC 8004 series menghadirkan performa seimbang dan efisiensi energi luar biasa yang dibutuhkan di edge.

Dalam beban kerja video encoding, EPYC 8534P memberikan kinerja hingga 2,4x agregat frame/jam/watt sistem dibandingkan produk kompetitor yang sebanding. Sementara dalam beban kerja gateway IoT Edge, server bertenaga delapan core EPYC 8024P dapat memberikan ~1,8x total kinerja throughput per rak 8kW, dibandingkan dengan prosesor delapan core milik kompetitor.  Penerapan intelligent edge berfokus pada node server yang lebih kecil, dibandingkan rak penuh seperti yang diharapkan dalam data center. Dalam penerapan intelligent edge pada satu, tiga, atau 10 server, efisiensi energi server berbasis prosesor AMD EPYC 8004 series, dibandingkan dengan kompetitor, berpotensi menghemat biaya energi ribuan dolar bagi pelanggan selama periode lima tahun, dengan core yang lebih baik. kepadatan dan throughput yang lebih banyak.

Ekosistem yang Kuat dan Inovatif  

Banyak OEM dan mitra meluncurkan sejumlah sistem dan solusi unik yang memanfaatkan sepenuhnya kemampuan prosesor AMD EPYC 8004 Series untuk bekerja dalam rentang operasi yang luas untuk kebutuhan daya dan suhu, mendukung penerapan di data center yang padat, hingga gedung telco kota hingga lingkungan fisik yang ekstrem seperti lantai pabrik.  Diantaranya Dell Technologies dengan merilis server Dell PowerEdge C6615. Form factor bentuk sistem yang efisien ini mengoptimalkan performa tinggi dengan TCO rendah untuk memperluas skala beban kerja, seperti container dan layanan mikro.    

   Sementara itu, Ericsson melihat solusi akselerasi komputasi Cloud RAN yang berhasil mengelola pertumbuhan lalu lintas yang sangat besar dan memanfaatkan jaringan mobile dengan cara yang hemat energi dan berkinerja tinggi. Kepadatan core dan kemampuan AVX512 dari prosesor juga memungkinkan kapasitas untuk menangani profil lalu lintas situs dengan muatan berat baik itu spektrum FDD dan TDD.       Tidak ketinggalan, Lenovo mengumumkan server andalan terbarunya yang dioptimalkan untuk edge, Lenovo ThinkEdge SE455 V3 baru, yang menghadirkan server paling hemat energi yang tersedia untuk mengaktifkan aplikasi AI generasi berikutnya di edge dan memberikan kinerja, penyimpanan, dan kemampuan perluasan terbaik di kelasnya yang sangat penting untuk mendukung beban kerja berat dan menuntut untuk AI edge.      Begitu pula dengan Supermicro yang memperkenalkan platform edge baru menggunakan prosesor AMD EPYC 8004 Series. Berdasarkan Server WIO generasi Supermicro H13, platform ini dioptimalkan untuk memberikan kinerja yang kuat dan efisiensi energi untuk data center edge dan telco.