Find Us On Social Media :

Huawei Diprediksi Bakal Kembali Rajai Pasar HP di China Tahun Ini

By Adam Rizal, Rabu, 20 September 2023 | 11:30 WIB

Huawei Mate 50

Peluncuran Huawei Mate 60 series di China mendapatkan sambutan positif, menyusul penjualan Huawei kembali terkerek naik usai sempat 'berdarah' karena sanksi kejam AS yang melarang Huawei menggunakan produk asal AS seperti Google Mobile Services (GMS).

Pangsa pasar Huawei di pasar smartphone China kembali melonjak dari 10,3 persen menjadi 17 persen antara minggu ke-33 dan ke-36 tahun 2023.

Sedangkan, Xiaomi turun menjadi 14 persen dari sebelumnya 18,4 persen seperti dikutip Gizmochina.

Pangsa pasar Honor turun dari 17,7 persen menjadi 17,2 persen. Huawei diprediksi akan menutup tahun ini sebagai pemimpin pasar di Tiongkok sekaligus akan melengserkan salah satu merek di antara Xiaomi, OPPO, vivo, dan Honor dari posisi teratas.

Apple masih berada di tepi pasar ponsel Tiongkok dengan pertumbuhan yang kurang signifikan.

Baru-baru ini, flagship Huawei Mate 60 Pro keluar menjadi pembicaraan di China setelah memakai chip fabrikasi 7nm yang merupakan terobosan besar di negara itu.

Selain itu, HP ini juga melalui uji ketahanan yang melelahkan. Ponsel ini mampu bertahan saat terjatuh di lantai beton atau ditabrak mobil.

Huawei menggunakan Huawei Kunlun Glass 2 untuk melindungi ponsel flagshipnya tersebut, perlindungan ini bahkan diklaim lebih tahan lama dibandingkan Corning Gorilla Glass pada Samsung S23 Ultra.

Bikin GPU AI

Ilustrasi Huawei.

Saat ini Nvidia adalah penguasa pasar semikonduktor AI dengan chipset H100 yang laris manis di pasar.

Sebagai perusahaan teknologi raksasa Huawei melihat masih ada celah untuk bersaing dengan Nvidia, mengingat daya serang Intel dan AMD di pasar ini sangat lemah.